Thursday, October 25, 2012

Sukacita Natal



Pdt Albert Tan


Saya kena stroke berat. 4 pembuluh darah di kepala pecah dan kepala dipenuhi darah. Sehingga otak tidak perlu dibuka. Tapi ternyata bisa buka mata dan bicara. 4 hari kemudian, discan. Prof Satyanegara, berkata. Ini mujijat. Saya bisa dengar. Dokter heran. Ia lihat hasilnya. Darah yang putih, sudah hampir hitam semua. Karena darah sudah berkuang, hitamnya banyak. Ini mujijat katanya. 10 hari saya keluar dan ke Singapore. Dokter yang terkenal di sana. Waktu datang, digotong 7 orang. Waktu saya kasih hasil pertama. Profesor di sana kaget. Ia katakan, kenapa kepala tidak dibuka? Ia marah. Lalu saya sodorkan hasil 4 hari kemudian. Ia berkata ini mujijat. Ia tanya kapan mau pulang. Baru digotong dari Indonesia.  Hasil keempat tidak bisa dijelaskan secara medis. Saya katakan 4 hari. Okey, 4 hari kemudian pulang. 2 Profesor yang tangani saya, bukan orang kristen, mereka berkata ini mujiat. Pada saya pulang, ini mujijat. Karena 3 hal. Superberat tapi bisa ngomong. Saya berpikir Tuhan ijinkan saya sakit, tapi karena say hamba Tuhan kerjanya nogmong terus, saya pulang di kursi roda keluar pulau dan kota . Terus KKR. Separuh belum bergerak. Saya belum bisa jalan, tapi saya bisa berdiri. Saya bisa berdiri lama. Saya tahu , pendeta kalau khotbah berdiri jadi walau sakit bisa berdiri. Ketiga, saya tidak bisa berjalan. Tapi kalau naik tangga, kalau say apegang. 3 lantai saya bisa naik. Rata saya tidak bisa jalan. Maka kalau ada tangga yang ada pegangan saya bisa naik. Saya berpikir. Saya sakit aneh. Kenapa saya bisa naik tangga. Rata-rata gereja punya tangga. Kalau tidak bisa naik tangga, tidak bisa khotbah. Karena saya keluar kota / pulau, pendeta duduk saja, nanti diangkat.

Sebelum khotbah saya bersaksi dahulu. Kita percaya pada Tuhan tidak keliru. Kalauada yang mencari. Tidak apa, saudara boleh mencari. Tapi hari ini dengar berita natal. Ia datang untuk saya. Yesus lahir untuk saya orang berdosa. Yesus lahir untuk mberikan damai kepada saya. Yesus datang untuk menyelamatkan saya. Kenapa Yesus datang? Dan Siapa itu Yesus.

Yoh 3:16
3:16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Pada waktu Yesus lahir, ada 1 ayat yang perlu kita baca. Luk 2:14.
2:14 "Kemuliaan bagi Allah di tempat yang mahatinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya."

Saya yakin orang percaya, orang kristen, awal Desember sudah mulai sibuk. Kita mulai sibuk mempersiapkan natal dan siap sibuk merayakan natal. Dalam suasana seperti ini, kita dibawa merenungkan peristiwa yang terjadi. Satgu peristiwa yang bila direngungkan begitu mengharukan. Memberikan kesan sendiri bagi orang kristen. Berita tentang kelahiran Tuhan Yesus. Karena dalam bulan natal, kita mulai mencari pohon natal. Awal bulan ini sopir saya yang bukan orang kristen, ia berkata : Pas tanggal 1. Ia berkata, Bapa, ini sudah bulan Desember, apa kita mulai pasang pohon natal. Saya berkata, kamu passang. Ia  pergi ke gudang. Ia cari pohon natal. Lalu ia pajang. Waktu pohon berdiri. Diberikan hiasan pohon natal. Saya senang juga sedih. Karena saya pikir, engkau dicucikan selama 1 tahun di gudang. Dan kini engkau dipajang kembali. Kita mulai mencari asset rohani dan mulai memutar. Lagu –lagu rohani mempunyai nasib yang sama dengan pohon natal. Selama 1 tahun ia cuti. 11 bulan istirahat. Sekarang diputar kembali.  Kita mulai bernostalgia. Yang kita nostalgia, Yesus lahir, apa kah cukup sampai disutu saja. Apakah kita salah berbuat sampai di situ. Tidak salah, tapi belum komplit. Kenapa? Karena kita merayakan natal, bukan saja pohon natal, menyanyikan dan putar lagu natal, bukan membayangkna peristiwa itu saja. Tapi lebih dari itu, kita harus sungguh mengerti apa itu berita natal. Kita harus mengalami makna dari natal itu sendiri. Natal. Yesus datang ke dalam dunia.

Kenapa Yesus datang ke dalam dunia? Yoh 3:16. Karena begitu bersar Allah mengasihi dunia ini. Maka Ia kirim putranNya yang tunggal datang ke dalam dunia supaya barang siapa percaya tidak binasa melainkan beroleh hidup kekal. Kenapa Yesus harus datang untuk mnausia. Kalau lihat dalam Firman Tuhan , banyak ayat mengatakan mengapa Yesus harus datang. Banyak keadaan mengapa Yesus harus datang. Matius 9:36
9:35 Demikianlah Yesus berkeliling ke semua kota dan desa; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Sorga serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan.
9:36 Melihat orang banyak itu, tergeraklah hati Yesus oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka lelah dan terlantar seperti domba yang tidak bergembala.
Waktu Yesus melihat amnusia, tergeraklah hati Yesus, karena manusia lelah. Allah Bpa elhat manusia lelah dan teralnatar. Maka jatuhlah belas kasihan Allah. Wujud daripada jatuh belas kasih Allah adalah Yesus datang. Manusia lelah, dlaam bahasa asli, mereka bingung dan manusia tidak berdaya.  Kenapa manusia tidak berdaya. Mengapa bingung? Kenapa manusia harus pikul beban dosa yang berat. Setelah dosa menguasai hdup manusia. Kita seperti orang yang lelah. Dosa membuat kita memikul beban yang begitu berat. Kadang saya melihat waktu orang pulang dari bekerja, kadang kita melihat  orang merasa bosa dengan hidupnya. Karena apa. Karena ia merasa begitu cape, lelah. Itu baru lelah memikul beban kehidupan. Tetapi ada suatu kelelahan yaitu memikul beban dosa. Dosa seringkali membuat  kita memikul beban yang begitu berat dan dosa menjajah diri kita. Sehingga kita hidup dalam tekanan yangberat sekali. Tetapi Yesus datang untuk membebaskan kita dari penjajahan. Dosa membuat kita tidak ada damai dalam hidup. Kalau manusia tidak ada damai. Maka keluarga tidak ada damai. Kalau kita tidak ada damia, dalam pekerjaan juga tidak ada damai. Tidak jarang lihat, terjadi banyak perceraian dalam RT karena tidak ada damai. Bukan dari keluarga yang tidak mampu saja. Karena dosa menjajah orang yang mampu. Bukan terjadi kekacauan, orang yangtidak berpendidikan saja. Tetapi dosa menjajah orang yang berpendidikan. Maka jikalau hidup manusia tidak ada. Manusia hidup dalam penderitaan yang luar biasa. Manusia sering merasa gagal dalam hidupnya.  Itulah akitab dari beban dosa yang menjajah hidup kita. Kita tidak pernah merasakan kasih yang kita dambakan itu. Natal sebenarnya berbicara tentang kasih Allah. Waktu bicara tetntang kasih Allah. Kita sudah tahu tentang kasih Allah. Kita mendambakan kasih. Kita merasakan kasih. Tapi kita pernah dikecewakan oleh kasih. Ssaya beritahukan, kalau kita pernah merasakan itu, itu bukan kasih Allah. Kasih Allah berbeda dengan kasih manusia. Kasih manusia terbatas. Kasih Allah tidak terbatas. Tidak heran, lagu pop dunia lagu dunai menggambarkan kasih begitu indah sekali. Dulu ada tetngga saya. Ia senang putar 1 lagu pop, jadi ia putar saja. Ini seorang ibu muda. Sampai akhirnya saya hapal lagunya, karena sering dengar. Lalu pikir, benar juga. Kadang lagu dunia syairnya betul. Akhirnya saya cari yang menyanyi Hetty Koes Endang. Syairnya berbunyi : janji tinggal janji. Janji bulan madu. Ini kasih manusia. Bisa berjanj dan hanya bisa ditepati selama bulan madu. Habis bulan madu, janji tinggal janji. Inilah kasih manusia. Diungkapkan awalnya beigtu indah sekali. I love you. Setelah bulan madu. Kadang berubah, I tempeleng you. Itu kasih dunia. Tetapi kasih Allah tidak seperti itu. Allah berjanji , dan Ia akan menepati janji. Maka janji Allah ya dan amin.

Demikanlah karena Allah melihat manusia lelah dan terlantar tergeraklah hati. Ia sangat mengasihi manusia. Yesus Kristus diutus. Kalau kita melihat siapa itu Yesus. Jelas Firman Tuhan berkata I aputar Allah. Kenapa Ia harus datang? 2 minggu lalu saya khotbah di bank di Thamrin, waktu emreka merayakan natal. Ada yang tanya, untuk menyelamatkan manusia, Yesus harus datang, lahir di kandang dan mati  di kayu salib? Apa tidak ada cara lain? Bisa, Yesus tidak usah datang pun bisa, Allah bisa bersabda dari sorga. Karena Allah berkuasa. Allah bisa berakta, 1, 2, 3 semua orang di Tangki selamat. Maka selamat. Lalu kenapa Yesus harus datang? Saya jawab dulu, mungkin engkau tidak puas. Karena Allah Bapa mau begitu. Allah Bapaselamatkan manusia. Dan Ia selamatkan manusia. Engkau belum puas dengan jawaban? Ada. Apa itu? Sekarang engkau percaya Yesus terlebih dulu. Nanti engkau mati masuk urga, tanya Yesus. Kalau sungkan, cari saya di sorga. Saya undang engkau datang kepada Yesus, tanyakan kepada Yesus. Mengapa Tuhan Yesus harus datang selamatkan manusia. Dan Tuhan hakan berikan jawaban yang memuaskan. Alktitab berkata, ada rahasia yang bisa diketahui manusia. Tetapi ada rahasia Allah yang tidak Ia kita ketahui. IALkitab berkata, kita harus terima dengan iman. Kasih Allah. Maka Yesus datang. Itu berarti kasih aAllah kasih yang aktif. Ia melihat manusia lelah dan terlantara Ia utus PutraNya. Kasih Allah rela berkorban. Fil 2 : Yesus yang setara dengan Allah, tetapi tidak menganggap keseteraan hak untuk dipertahankan dan datang ke dunia, hidup sebagai manusia bahkan sebagai hamba bahkan rela mati untuk manusia. Itu kasih Allah. Kasih yang rela berkorban. Kasih Allah adalah kasih yang kekal. Tidak pernah berubah, dari dulu sekarang sampai selamana. Kalau dulu Allah berkata, Aku mengasihi manusia, sekarang Iapun mengasihi manusia. Ia dataang I amembawa damai. Kemuliaan Yesus, Ia datang ke dalam dunia. Kemuliaan Allah turun ke dalam dunia, maka ada damai dalam dunia. Kita lelah tidak ada damai. Kita terlantar tidak ada damai. Tetapi hari ni iYesus sudah datang. Damai sejahtera di bumi bagi orang yang hidupnya berkenan kepadaNya. Apa artinya? Orang yang percaya, kepada karya Yesus. Orang yang mau terima Tuhan Yesus. Maka ia kaan mengalami damai. Dan damai Allah Bapa kana menuntun dia.

Hari ini kita merayakan natal . kIta berada di penhujung tahun 2010, akan masuk 2011. Satu kalimat yang ingin diungkapkan . Say asudah katakan selama 34 tahun di Indonesia, Eropa, Amerika, Australia, di beberapa negara di Asia. Jangan bermimpi dunia lebih baik. Dunia tidak akan lebih baik. Tahun 2010 tidakakan lebih baik dari 2009. Tahun 2009 tidak lebih baik dari 2008. Saya sudah katakan ini 30 tahunan. Itulah sebabnya Tuhan berkata, barang siapa yang bertahan sampai akhir. Karena dunia tidak lebih baik. Aku akan menyertai engkau. Karena dunia tidak lebih baik. Kita akan dapat tantangan yang lebih berat. Tetapi hari ini, Natal Yesus mengasihi manusia. Yesus mengasihi umat manusia. Yesus mengasih I orang berdosa, orang miskin dan orang kaya, orang bodoh dan mengasihi orang pandai. Yeuss mengasihi orang dewasa dan anak. Kalau kita mersponsi kasih Allah, maka damai natal akan masuk dalam hidup kita. Hidup kita akan menjadi baru. Hari ini saya berkata, saudara coba. Coba! Coba sungguh2 terima Yesus. Kalau Yesus mengecewakan engkau, tinggalkan Yesus. Saya sejak umur 12 tahun, tidak pernah merasakan kecewa. Bagaimana Yesus menuntut hidup saya, memberkatai, menyertai saya dalam pelayanan. Yesus juga akan memberkati saudara, menuntun hidup saudara, mengatur hidup saudara, asal percaya sungguh2. Sungguh percaya, buka hati untuk Yesus. Ingat kata saya, Kalau Yesus mengecewakan saudara, tinggalkan Yesus. Tapi saya yakin, orang yang sungguh percaya Yesus, Yesus tidak akan pernah mengecewakan . Ingatlah waktu engkau susah, Tuhan sudah menoleh. Inatlah waktu engkau cari pekerjaan, Tuhan buka jalan. Dulu engkau tidak punya apa, sekarang diberkati. Anak-anakmu sudah suskese semua, Allah yang menlong. Yang mengasihi, Ia memakai siapa saja untuk menolong, meemakai siapa saja untuk menyatakan kasih. Malam ini dalam merayakan natal, mari kita mengoreskidiri. Kalau belum pernah buka hati , ini kesempatan. Coba buka hati untuk Tuahn. Kalau selama ini , kita tidak percaya sungguh2. Malam ini kita percaya Yesus. Saudara akan melihat kemuliaan Allah dan melihat kuasa Allah nyata dalam hidup. Hati kita penuh damai. Penuh sukacita. Maukah kita? Mengarungi hidup seperti itu? Mari kita berdoa

No comments:

Post a Comment