Sunday, October 28, 2012

Harapan dan Komisi Komsel



HARAPAN




Ong Po Han
 
1.       Apa definisi harapan (pengharapan)?
Menurut KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA harapan (pengharapan) memiliki arti :
a. sesuatu yg (dapat) diharapkan. Contoh : ia mempunyai harapan besar dapat memenangkan pertandingan itu;
b.keinginan supaya menjadi kenyataan. Contoh : harapanku agar ia kelak menjadi orang yg berguna bagi nusa dan bangsa
c orang yg diharapkan atau dipercaya. Contoh : pemuda harapan bangsa

2.       Seberapa sering kata harapan (pengharapan) muncul di Alkitab?
Kata harapan muncul sebanyak 36 kali dalam Alkitab, sedangkan kata pengharapan muncul sebanyak 48 kali. Dengan demikian kata ini termasuk kata kunci yang penting dalam Alkitab baik pada Perjanjian Lama maupun pada Perjanjian Baru.

3.       Nats Alkitab terkait harapan mana yang termasuk paling banyak menjadi bahan referensi?
Beberapa ayat yang sering menjadi ayat mas (hafalan) di antaranya :
Yer 29:11 Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.
Rm 5:4 dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan.
Rm 12:12 Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa!
1Kor 13:13 Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih.

4.       Apa arti pengharapan (harapan) dalam Alkitab?
a.        suatu keinginan yang bisa terjadi dan bisa juga tidak (ada unsur ketidakpastian). Contoh : Pengharapan orang fasik gagal pada kematiannya, dan harapan orang jahat menjadi sia-sia (Amsal 11:7) atau  Maka orang akan terkejut dan malu karena Etiopia, pokok pengharapan mereka, dan karena Mesir, kebanggaan mereka (Yes 20:5).
b.       diartikan sebagai ‘keyakinan’. Contoh : Aku menaruh pengharapan kepada Allah, sama seperti mereka juga, bahwa akan ada kebangkitan semua orang mati, baik orang-orang yang benar maupun orang-orang yang tidak benar (Kis 24:15) atau Oleh Dia kita juga beroleh jalan masuk oleh iman kepada kasih karunia ini. Di dalam kasih karunia ini kita berdiri dan kita bermegah dalam pengharapan akan menerima kemuliaan Allah (Ro 5:2).

5.       Siapakah sumber pengharapan orang percaya (Kristen)?
Tidak disangsikan lagi, jawabannya adalah Allah seperti yang tertuang pada Rm 15:13 Semoga Allah, sumber pengharapan, memenuhi kamu dengan segala sukacita dan damai sejahtera dalam iman kamu, supaya oleh kekuatan Roh Kudus kamu berlimpah-limpah dalam pengharapan.

6.       Pengharapan diibaratkan sebagai apa di dalam Alkitab?
Sebagai sauh (jangkar). Hal ini dapat dilihat pada Ibr 6:19 Pengharapan itu adalah sauh yang kuat dan aman bagi jiwa kita, yang telah dilabuhkan sampai ke belakang tabir. Selama tinggal dalam dunia , manusia tidak berdiri pada tempat yang kokoh, melainkan diombang-ambingkan kesana kemari bagai kapal berada di tengah laut yang sedang bergolak. Hal ini mengingat Iblis tak henti-hentinya menimbulkan banyak badai, yang akan segera menenggelamkan kapalnya, seandainya manusia tidak membuang jangkar dengan teguh di kedalaman laut.  Karena itu saat dipersatukan dengan Allah, walaupun manusia terus bergumul dengan badai, tetapi manusia berada di luar bahaya kapal karam. Hal ini menunjukkan bahwa sauh / jangkar (Allah) bersifat ‘pasti/aman’ dan ‘teguh’.

7.       Apakah keselamatan merupakan pengharapan yang pasti?
Bagi orang kristen, pengharapan akan keselamatan (masuk surga) bukan sekedar suatu pengharapan dalam arti bisa terjadi, bisa juga tidak (bukan berarti ‘mungkin’, atau ‘mudah-mudahan’, atau ‘kemungkinan besar’). Dalam kekristenan ada kepastian keselamatan. Pengharapan untuk masuk surga bukan cuma ‘mungkin’, ‘mudah-mudahan’, dsb, tetapi merupakan sesuatu yang pasti.

8.       Apa pengharapan orang percaya saat menghadapi kesulitan?
Harapan di dalam Kristus (harapan orang Kristen) saat mengalami kesulitan dan penderitaan adalah;
-          Harapan selalu memperlihatkan pada orang percaya bahwa di ujung jalan yang gelap ada terang.
-          Harapan selalu dapat menopang kehidupan orang percaya yang telah patah semangat dan tak berdaya.
-          Harapan selalu memberikan peluang, kemungkinan dan kepastian ada pemulihan kembali saat kehidupan dirasa seperti buluh yang patah atau sumbu hanya tinggal asap.
-          harapan itu selalu memberikan kehidupan, semangat, gairah dan kesegaran baru. Dan orang yang berharap kepada Tuhan tak pernah dibiarkan malu tersipu-sipu!
-          Harapan yang Tuhan Yesus berikan bukan harapan seperti yang dipikirkan manusia atau dunia tawarkan. Harapan di dalam Kristus bukan harapan yang terbatas, tidak pasti dan bersifat sementara. Harapan di dalam Kristus adalah harapan yang melimpah, pasti, dan berlimpah bak sungai.
-          Harapan itu amat nyata secara khusus bagi orang-orang percaya yang mengalami berbagai-bagai dukacita karena pencobaan .

9.       Apa manfaat harapan bagi seorang pemimpin (termasuk PKS)?
-          Salah satu pemberian terbesar yang dapat diberikan para pemimpin kepada orang-orang di sekitar mereka adalah harapan. Winston Churchill pernah ditanya seorang reporter tentang senjata terbesar negaranya melawan rezim Nazi Hitler. Tanpa berhenti sejenak pun ia menjawab: "Senjata Inggris terbesar dari dahulu adalah harapan."
-          Orang akan terus bekerja, berjuang, dan berusaha jika mereka mempunyai harapan. Harapan mengangkat moral orang. Harapan memperbaiki citra diri mereka. Harapan memberikan kekuatan lagi pada mereka. Harapan membangkitkan keinginan mereka.
-          Tugas seorang pemimpin adalah menjaga harapan tetap tinggi, menanamkannya dalam diri orang-orang yang dipimpinnya. Dan pemimpin akan mempunyai harapan untuk diberikan jika ia menjaga sikap yang benar.
-          Menjaga harapan berasal dari melihat potensi dalam setiap keadaan dan tetap berpikir positif walaupun keadaan tidak demikian. Sebagai anak-anak Tuhan, bersyukurlah kita karena Tuhan memberikan pengharapan dalam hidup kita dan pengharapan itu membawa kita kepada kekekalan.

10.    Apa rancangan Tuhan bagi orang percaya?
Masa depan yang penuh harapan! Hal ini dapat dilihat pada Yeremia 29:11 yang berbunyi:
Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

11.    Bagaimana supaya harapan menjadi kenyataan? 
Supaya  harapan menjadi kenyataan kita harus:
a. Bertindak dengan iman.
b. Menyadari bahwa kadang-kadang Allah mewujudkan harapan kita dengan cara yang berbeda dari yang kita pikirkan.
c. Terus kembangkan sikap bersyukur walau harapan kita belum menjadi kenyataan.
d. Jangan pasrah pada keadaan
e. Harus terus berharap

12.    Siapakah yang menjadi harapan dunia?
Firman di dalam Alkitab memberitakan dengan jelas bahwa manusia harus dan hanya bisa berpandang kepada satu oknum, satu pribadi yaitu Yesus Kristus. Selain Dia tidak ada pengharapan, selain Dia tidak ada objek iman, selain Dia tidak ada sesuatu yang bisa dipandang. Mengapa Yesus harapan dunia? Walau di dunia banyak jenius, politikus, sastrawan, filosof, pemikir dan orang-orang yang hebat di dalam panggung sejarah, namun mereka ‘naik’ dengan begitu agung tetapi mereka ‘turun’ dengan demikian mendadak. Mereka menggambarkan diri menjadikan orang yang memberikan pengharapan. Tetapi mereka pun yang memberikan segala kekecewaaan. Dengan demikian tidak ada pengharapan di dalam pribadi yang lain kecuali Yesus Kristus. Tuhan Yesus memberikan kepada kita suatu jaminan, dan Dia berkata "Barang siapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan dia akan mempunyai terang hidup" (1Yoh. 8:12).

13.    Apa harapan komisi komsel?
Komisi komsel sangat berharap agar :
-          kehidupan berjemaat di GKKK Mabes dapat bertumbuh, melayani dan berbuah  
-          setiap jemaat dapat berpartipasi dalam gerakan komsel dan menjadikan komsel gaya hidup.
-          kerohanian setiap jemaat terus meningkat dalam pengenalan akan Tuhan Yesus Kristus.
-          GKKK Mabes menjadi gereja dengan jemaat yang bermisi.

No comments:

Post a Comment