Sunday, October 28, 2012

Perayaan Natal dan Komsel



 Ong Po Han


1.       Natal merayakan apa?
Natal berarti lahir atau kelahiran. Siapa yang lahir? Yesus Kristus. Kenapa lahir? Untuk menebus dosa dan menyelamatkan umat manusia. Merayakan natal berarati merayakan kelahiran Yesus Kristus yang meninggalkan surga mulia untuk hadir dalam kefanaan dunia. Jadi fokus natal hanya 1 yakni Yesus Kristus. Tanpa ada Kristus di dalamnya berarti perayaannya semu alias palsu. Setiap perayaan natal memiliki satu misi yang sama yaitu mengingatkan setiap umat percaya alasan Kristus lahir dan menyebarkan kabar sukacita ini kepada orang yang belum mengetahuinya.

2.       Apa peranan orang percaya dalam perayaan natal?
Sebagai orang percaya, bukan pesta-pesta nya yang penting. Namun pesan natal yang dibawa berupa kehadiran Tuhan Yesus di dalam dunia yang perlu disampaikan. Perayaan diadakan terutama dengan tujuan untuk mengundang orang-orang yang belum mengenal Tuhan Yesus untuk datang dan mendengarkan pesan natal. Saat perayaan hari lahir (ulang tahun), umumnya para undangan membawa hadiah. Namun saat perayaan kelahiran Tuhan Yesus, hal sebaliknya yang terjadi. Bukan saja yang hadir menerima bingkisan natal (dari panitia yang umumnya menyediakannya), namun ada hadiah yang terbesar yang menunggu untuk dinikmati yakni pengampunan dosa dan keselamatan. Karena barang siapa mau percaya kepada Tuhan Yesus, ia akan diselamatkan. Yang menjadi pergumulan para undangan : apakah mereka akan menerima Tuhan Yesus sebagai Juruselamat?

3.       Apa peranan komsel dalam perayaan natal?
Setiap anggota komsel (lebih tepatnya setiap anggota dan pengunjung gereja) diharapkan berperan dalam membagikan undangan natal. Biasanya kabar baik berupa pesan natal tidak mudah disampaikan secara langsung. Maka setelah undangan dibagikan, para undangan dapat mendengar pesan yang disampaikan pembicara dari atas mimbar. Peranan kita sebagai anggota hanya menyampaikan undangan dan mendorong undangan untuk datang mendengarkan pesan natal tersebut.

4.       Apa peranan PKS dalam menyambut perayaan natal?
PKS diharapkan dapat memotivasi dan mengkoordinasikan anggota-anggota nya untuk membagikan undangan kepada orang-orang di sekitar (teman, tetangga, saudara dll).

5.       Mengapa natal?
Natal adalah momen yang seringkali diingat orang walau tidak mengerti apa maknanya. Hari natal merupakan hari libur nasional sehingga merupakan kesempatan untuk mengundang orang-orang di sekeliling kita untuk hadir di perayaan natal. Suasana natal saat ini bahkan sudah mulai terasa bahkan di bulan November tertutama di pelbagai pusat pertokoan. Suasana menjelang natal yang bernuansakan “damai di bumi” menjadi magnet yang relatif kuat untuk mengundang orang ikut merayakannya. Kesempatan seperti ini tidak mudah terjadi.

6.       Bagaimana bentuk undangan natal?
GKKK Mabes dalam hal ini panitia natal sudah menyiapkan kartu undangan yang dirancang sangat bagus. Kartu undangan ini meliputi perayaan natal pada sekolah minggu (untuk jemaat sekolah minggu), pemuda-remaja dan umum. Jadi diharapkan pembawa undangan saat menyampaikan kartu undangan dapat sedikit menjelaskan bahwa bila para undangan memiliki anak-anak dapat menghadiri perayaan natal sekolah minggu, untuk undangan usia muda dapat menghadiri perayaan nantal pemuda-remaja dan untuk jemaat umum dapat menghadiri kebaktian dan perayaan natal umum.

7.       Berapa jumlah kartu undangan yang disiapkan?
Jumlah kartu undangan yang dicetak umumnya sekitar 1.000 buah atau lebih. Sehingga jangan kuatir jumlahnya kurang. Dengan jumlah undangan begitu banyak, diharapkan seorang jemaat dapat menyampaikan undangan ke lebih dari 4 orang undangan.

8.       Mengapa menggunakan kartu undangan?
Undangan berbentuk kartu menunjukkan keseriusan dalam mengundang karena dibuat secara khusus. Sehingga saat membagikannya, kita pun perlu menghargai kartu tersebut dan tidak menyia-nyiakannya. Namun walaupun terkadang undangan cukup ditelepon, namun tetap lebih baik dikirimkan undangannya karena tercatat semua skedul (waktu) perayaannya secara lengkap.

9.       Apakah kartu undangan harus disampaikan langsung ke undangan?
Kartu undangan memang sebaiknya diberikan langsung ke undangan sekaligus untuk menjelaskan bila ada pertanyaan dari undangan. Namun bila alamat yang diundang terlalu jauh atau tidak ada kesempatan yang cukup untuk mengundangnya secara langsung, maka kartu undangan dapat dikirimkan lewat pos atau media lainnya.

10.    Selain kartu undangan, media apa lagi yang digunakan panitia natal untuk mempromosikan perayaan natal?
Untuk jemaat, setiap minggu diumumkan skedul perayaan natal mulai Desember. Di samping itu untuk orang di seputar gereja dapat menyadari adanya perayaan natal dari spanduk yang dipasang di depan gereja dan sekolah GKKK Mabes. Spanduk ini berfungsi sebagai pengingat sekaligus undangan bagi yang belum mendapat kartu undangan.

11.    Apakah undangan (orang yang diundang) akan menghadiri perayaan natal?
Kita tidak mengetahui pasti apakah undangan akan datang. Namun kita dapat mengingatkan undangan untuk datang saat hari perayaan natal sudah semakin dekat. Bahkan sebaiknya undangan tersebut dijemput, karena umumnya tidak ada undangan yang hadir sendirian. Tapi kalau undangan tidak bisa datang, pengundang jangan putus asa, mungkin waktunya belum tiba. Yang utama, Kartu Undangan sudah diberikan!

No comments:

Post a Comment