Wednesday, October 24, 2012

Imlek - Valentine



Imlek – Valentine – Hari Penampakan Yesus dalam Kemuliaan, Orang Kristen dan Kebudayaan Tionghoa
Pdt Yusuf Pengastu


Yoh 1:1-3; 14
1:1 Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.
1:2 Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah.
1:3 Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatu pun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.
1:14 Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.

Untuk Valentine
Yoh 3:16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Sajak Kristen Tahun Baru Imlek
Nasihat tahun baru agar giat jalan sorga
Jalan Surga ada berkat maju tiap tahun
Kasih Allah tak terukur selalu baru setiap hari.

Matius 17:1-8
17:1 Enam hari kemudian Yesus membawa Petrus, Yakobus dan Yohanes saudaranya, dan bersama-sama dengan mereka Ia naik ke sebuah gunung yang tinggi. Di situ mereka sendiri saja.
17:2 Lalu Yesus berubah rupa di depan mata mereka; wajah-Nya bercahaya seperti matahari dan pakaian-Nya menjadi putih bersinar seperti terang.
17:3 Maka nampak kepada mereka Musa dan Elia sedang berbicara dengan Dia.
17:4 Kata Petrus kepada Yesus: "Tuhan, betapa bahagianya kami berada di tempat ini. Jika Engkau mau, biarlah kudirikan di sini tiga kemah, satu untuk Engkau, satu untuk Musa dan satu untuk Elia."
17:5 Dan tiba-tiba sedang ia berkata-kata turunlah awan yang terang menaungi mereka dan dari dalam awan itu terdengar suara yang berkata: "Inilah Anak yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan, dengarkanlah Dia."
17:6 Mendengar itu tersungkurlah murid-murid-Nya dan mereka sangat ketakutan.
17:7 Lalu Yesus datang kepada mereka dan menyentuh mereka sambil berkata: "Berdirilah, jangan takut!"
17:8 Dan ketika mereka mengangkat kepala, mereka tidak melihat seorang pun kecuali Yesus seorang diri.

Sebagai orang Kristen tiap kali kita datang beribadah, kita harus tahu siapa yang kita sembah. Dalam pikiran kita siapa yang kita sembah, jangan sampai salah sembah allah palsu. Kita menyembah tuhan yang palsu dan sembarangan. Ada orang yang tidak tahu siapa yang disembah dan sembah sembarangan. Sewaktu kecil, mama saya menyuruh saya menyembah datuk. Ia menelpon datuk tersebut. Sewaktu kecil saya sudah tahu datuk itu adalah tuhan yang palsu. Saya menyembahnya karena orang tua yang menyuruh menyembahnya. Bila kita sungguh-sungguh menyembahnya, ma kita bodoh.
Kita sekarang ini harus tahu siapa yang kita sembah, yaitu Yesus Kristus. Yoh 1:1 padamulanya adalah Firman dan firman itu bersama dengan Allah. Ialah Tuhan yang menciptakan alam semesta ini.
Kita sering kali pura-pura menyembahNya. Ada yang ikut kekasih ikut ke gereja, sehingga walau Tuhan benar tapi yang menyembahnya tidak benar (sembarangan). Dalam gereja , semua berselisih dan jadi kepala. Ada Dirjen yang katakan : perpecahan gereja yang paling hebat adalah karistmatik karena semuanya mau jadi pemimpin. Pecahnya hebat sekali. Semua orang mau jadi pendeta sehingga 3 bulan sekolah teologia lalu jadi pendeta.  Padahal setelah belajar teologia 12 tahun tetapi belum tahu apa-apa. Orang itu sembarangan jadi peneeta. Ia harus belajar teologia baik-baik, tetapi saat diminta belajar, ia jadi marah dan utus orang untuk bunuh dan kalau kembali ke Jakarta, ia akan bakar gereja saya.
Ada gereja yang main drum suaranya keras, hati kita bila tidak tenang bagaimana kita bisa menyembahnya? Kita tidak bisa menyembahnya sembarangan tapi harus sungguh-sungguh. Allah itu benar dan kita harus menyembahnya dalam roh dan kebenaran. Roh yang benar ada dalam diri kita sendiri. Orang yang sungguh-sungguh mengenal Ia. Kita yang sungguh-sunguuh menyembah Ia dalam roh dan kebenaran. Kita menyembah Ia harus cocok dengan firmanNya.
Hari ini pas hari Minggu. Jikalau hari ini hari senin dan selasa kita harus tetap menyembahnya dalam roh dan individu. Orang yang belum percdaya Tuhan , pergi ke kuil beribadah. Kita juga datang ke gereja untuk menyembah Tuhan yang ciptakan alam semesta. Ini kesasksian yang penting sekali.
Setahun sekali raja (disebut Anak Langit) mewakili rakyatnya untuk menyembah Dia.
Pemimpin dari Mesbah Langit mengatakan yang begitu mulia / besar , raja2 ada di tempat itu. Ada tempat untuk membunuh binatang. Kemudian raja berkata, Dosa Kalian sudah mwakli.
Kebenaran dalam huruf Tionghoa, di atasnya domba dan dilapisannya saya.
Tuhan Yesus anak domba, karena dosa manusia disalibkan di atas kayu salib.
Kita harus menyembuslangit.

Lao Tse : kalau kita mau jadi raja, kit harus menjadi egois.
Hukum Tuhan berasal dari firman. Hanya tidak tahu firman itu siapa Kalau kita peroleh firman itu, kita akan …
Hari ini orang kristen tahu,kita puny

Suatu hari jemaat lama ia tidak lama tidak datang. Ia bilang ia tidak  berbakala. Setelah tahun, kita belajar
Ada orang kristen yang sembah Yesus dan semua dewanya.
Dari hukum pertama, kita jangan sembah Tuhan yang lain. Kita hanya Tuhan yang satu-satunya. Sebab itu kita datang kpada Tuhan yang menciptakan alam semesta.

Sebagai orang Kristen kita boleh merayakan imlek. Kalau kita menyembah Tuhan yang benar pasti boleh, menyembah Tuhan yang tidak benar, tidak boleh. Kalau terima angpao tidak perduli dengan Tuhan, maka tidak boleh terima. Ada setan sial, lalu disogok dengan uang-uangan. Tapi sewaktu mendekat, maka uangnya memancar sinar dan ia jadi takut. Sehingga orang ikat logam dengan benang merah. Berkembang sehingga orang pakai ang pao dan masukan uang ke dalamnya. Kata sial dan tahun hampir sama. Sekarang gunakan tahun menekan sehingga yang sial kabur. Kalau kita mau memberi angpao untuk menghapus tahun sial, tidak boleh.

Darah Yesus juga menghapus dosa manusia. Damai sejahtera yang sungguh-sungguh diberikan Yesus.

Konsep ang-pao. Diberikan oleh dewa rejeki yang 2 yaitu yang silat dan kebudayaan. Yang satu galak dan yang lain kalem. Semuanya adalah dewa rejeki. Semuanya bukan Tuhan. Dewa rejeki sebenarnya dewa matahari lalu dipanah jadi dewa dunia. Dulu ada 9 dewa matahari, dipanah jatuh 1. Marganya Cau. Itu adalah setan. Bila setan memberi uang kepadamu tidak boleh. Dewa rejeki yang paling tinggi adalah yang menciptakan alam semesta. Dalam dunia ini tidak ada satu pun yang tidak diciptakan Dia. Berkat Tuhan kita dari Ia.

Menurut legenda, dewa rejeni berulang tahun pada tanggal 5 bulan pertama sehingga kita menyembahnya. Bagi kita orang kristen konsep ini tidak boleh.

Sekarang kita bagi angpao , ada dewa kwan kung dll, tidak boleh demikian. Kita harus memperbaikinya. Kita harus bertobat. Bila dengar kata bertobat, jangan ketakutan. Bertobat kata sebenarnya adalah berubah. Menyangkut akan pikiran dan filosofi kita. Kalau ada yang keliru pikirannya , maka kita harus berubah / bertobat. Sehingga melalui penerangan firman Tuhan kita sebagai orang Kristen boleh merayakan imlek tapi jangan percaya tahayul. Kiranya firman Tuhan memimpin kita dan pasangan ktia.

No comments:

Post a Comment