Thursday, October 25, 2012

Eksposisi 1 Yoh 5



Ev Suwandi,


1 Yoh 5
5:1 Setiap orang yang percaya, bahwa Yesus adalah Kristus, lahir dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi Dia yang melahirkan, mengasihi juga dia yang lahir dari pada-Nya.
5:2 Inilah tandanya, bahwa kita mengasihi anak-anak Allah, yaitu apabila kita mengasihi Allah serta melakukan perintah-perintah-Nya.
5:3 Sebab inilah kasih kepada Allah, yaitu, bahwa kita menuruti perintah-perintah-Nya. Perintah-perintah-Nya itu tidak berat,
5:4 sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita.
5:5 Siapakah yang mengalahkan dunia, selain dari pada dia yang percaya, bahwa Yesus adalah Anak Allah?
5:6 Inilah Dia yang telah datang dengan air dan darah, yaitu Yesus Kristus, bukan saja dengan air, tetapi dengan air dan dengan darah. Dan Rohlah yang memberi kesaksian, karena Roh adalah kebenaran.
5:7 Sebab ada tiga yang memberi kesaksian [di dalam sorga: Bapa, Firman dan Roh Kudus; dan ketiganya adalah satu.
5:8 Dan ada tiga yang memberi kesaksian di bumi]: Roh dan air dan darah dan ketiganya adalah satu.
5:9 Kita menerima kesaksian manusia, tetapi kesaksian Allah lebih kuat. Sebab demikianlah kesaksian yang diberikan Allah tentang Anak-Nya.
5:10 Barangsiapa percaya kepada Anak Allah, ia mempunyai kesaksian itu di dalam dirinya; barangsiapa tidak percaya kepada Allah, ia membuat Dia menjadi pendusta, karena ia tidak percaya akan kesaksian yang diberikan Allah tentang Anak-Nya.
5:11 Dan inilah kesaksian itu: Allah telah mengaruniakan hidup yang kekal kepada kita dan hidup itu ada di dalam Anak-Nya.
5:12 Barangsiapa memiliki Anak, ia memiliki hidup; barangsiapa tidak memiliki Anak, ia tidak memiliki hidup.
5:13 Semuanya itu kutuliskan kepada kamu, supaya kamu yang percaya kepada nama Anak Allah, tahu, bahwa kamu memiliki hidup yang kekal.
5:14 Dan inilah keberanian percaya kita kepada-Nya, yaitu bahwa Ia mengabulkan doa kita, jikalau kita meminta sesuatu kepada-Nya menurut kehendak-Nya.
5:15 Dan jikalau kita tahu, bahwa Ia mengabulkan apa saja yang kita minta, maka kita juga tahu, bahwa kita telah memperoleh segala sesuatu yang telah kita minta kepada-Nya.
5:16 Kalau ada seorang melihat saudaranya berbuat dosa, yaitu dosa yang tidak mendatangkan maut, hendaklah ia berdoa kepada Allah dan Dia akan memberikan hidup kepadanya, yaitu mereka, yang berbuat dosa yang tidak mendatangkan maut. Ada dosa yang mendatangkan maut: tentang itu tidak kukatakan, bahwa ia harus berdoa.
5:17 Semua kejahatan adalah dosa, tetapi ada dosa yang tidak mendatangkan maut.
5:18 Kita tahu, bahwa setiap orang yang lahir dari Allah, tidak berbuat dosa; tetapi Dia yang lahir dari Allah melindunginya, dan si jahat tidak dapat menjamahnya.
5:19 Kita tahu, bahwa kita berasal dari Allah dan seluruh dunia berada di bawah kuasa si jahat.
5:20 Akan tetapi kita tahu, bahwa Anak Allah telah datang dan telah mengaruniakan pengertian kepada kita, supaya kita mengenal Yang Benar; dan kita ada di dalam Yang Benar, di dalam Anak-Nya Yesus Kristus. Dia adalah Allah yang benar dan hidup yang kekal.
5:21 Anak-anakku, waspadalah terhadap segala berhala.

Jaminan dari Allah :
  1. Orang percaya mengalahkan dunia.
Kita diberi kuasa untuk mengalahkan dunia. Saat kita alami berbagai tantangan/ujian, kita punya keyakinan bersandarkan Tuhan, kita bisa kalahkan dunia / percobaan dari Iblis. Iblis tidak senang orang percaya. Saat saya pelayanan pertama kali di GKKK Mabes, saya terkesan dengan drama yang dimainkan pemuda. 1 orang pegang 1 lilin. Orang tersebut orang kristen , iblis datang tiup lilin. Lalu ada teman yang nyalakan lilin. Terus begitu. Kita bisa jatuh, tetapi kita punya keyakinan, dalam persekutuan itu penting sekali kita dapat saling mengisi. Saling mendorong, menghibur, memberi kekuatan, kesatuan, sehingga iman kita makin teguh. Iblis tidakmampu jatuhkan salah satu dari ktia.
  1. ayat 6-9 , Yesus yang kita percaya, betul-betul Allah.
Saat rasul Yohanes yang menganggap Yesus bukan Allah, bahkan ada ajaran yang mengatakan Yesus bukan Allah. Tetapi saat Yesus dibaptis, sepertinya Allah memasuki diri Yesus sehingga Yesus menjadi Kristus dan waktu disalibkan Allah tinggalkan Dia. Seperti Yesus manusia biasa dan katakan , mengapa Allah tinggalkan Aku. Tetapi Rasul Yohanes ingin katakan bahwa Yesus Kristus adalah benar-benar Allah . Ada 3 kesaksian : Allah Bapa, Firman dan Roh Kudus. 3 kesaksisan di bumi air , darah dan Roh Kudus. 3 kesaksian menyatakan yesus adalah Allah
Air berhubungan dengan pembaptisan di sungai Yordan. Saat itu ada suara di surga, Inilah Anakku yang Kukasihi, kepadaNyalah Aku berkenan. Ini pengesahan dari Allah Bapa bahwa Yesus adalah Allah yang turun menyelamatkan manusia. Turun merpati yang memulai pelayanan Yesus.
Darah dihbungkan dengan kematian Tuhan Yesus. Saat Yesus mati dihubungkan dengan darah. Saat mati, dikatakan terdapat kegelapan yang luar biasa mulai pk 12 sampai Yesus mati. Lalu gempa bumi, tabir bair Allah terbelah 2. Waktu mati, kepala pasukan berkata, Sungguh Ia adalah Anak Allah. Saat Yesus mati , yang terjadi menunjukkan Ia adalah Allah sendiri.
Roh Kudus Yoh 15:26 Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.
Waktu kita lihat Kisah Para Rasul, kita melihat perubahan yang terjadi pada murid-muridnYA. MuridNya berani karena diakatakan Roh Kudus turun memenuhi hati mereka. Murid-murid dengan berani memberitakan Injil.
  1. Ayat 11-13
Jamnan hidup yang kekal. Bukan berarti hidup selamanya dalam dunia ini. Yoh 3:16
Jaminan nanti kita hidup selama-lamanya dengan Tuhan di Surga. Ada orang tua protes, Pak Suwandi jangan ajarkan tentang surga. Karena anaknya berkata sorga itu indah sekali. Sehingga ia ingin cepat-cepat pergi ke sorga. Mamanya marah. Pak Gurunya mengajarkan yang tidak-tidak. Perkataan anaknya dalam tradisi Tionghoa , sangat salah sehingga akan ditempeleng. Suatu kali , paman saya mau ke luar kota dan iseng tanya, katakan : paman pergi dan tidak kembali lagi,. Langsung Pak Suwandi ditempeleng. Sehingga mama anak itu marah pengajaran anaknya yang indah sehingga ingin pergi ke sorga cepat-cepat.
Jaminan hidup kekal, Tuhan Yesus sudah sediakan tempat di sorga.
  1. Ayat 14-15
Jaminan berupa jawaban doa. Kita hidup sebagai manusia dalam hidup kita mengalami persoalan / hal. Kadang-kadang timbul pertanyaan dalam hati, apa yang harus saya lakukan. Saat kita dapat sewaktu-waktu datang kepadaNya. Doa itu gampang karena kita bisa bicara. Sering doa tidak gampang, karena perlu hati yang sungguh. Tuhan menjawab doa kita, hanya jawabnya berbeda-beda. Tuhan tahu yang terbaik untuk kita. Kadang doa kita tidak sesuai untuk kita atau sebelum waktunya sehingga dikatakan nanti dulu. Kadang Tuhan langsung jawab ya. Saat kita minta sesuai dengan kehendak Tuhan, dikabulkan. Tuhan menjawab doa kita, tapi kita sendiri tidak siap. Misalnya : kita berdoa : Tuhan saya mau adakan KKR. Tuhan kirim 100 orang yang belum percaya supaya mereka bertobat. Waktu berdoa tapi kita hanya siapkan konselor 4 orang. Berarti kita belum siap. Apa yang kita doakan sesuai dengan perintah Tuhan, itu yang penting
  1. Ayat 
Orang kristen bisa tidak berbuat dosa. Yohanes bilang ada dosa yang mendatangkan maut dan yang tidak mendatangkan maut. Ini ditujukan kepada orang yang percaya. Roh Kudus sudah gerakkan hatinya, tetapi tetap tidak mau. Itu dosa yan gmendatangkan maut. Yohanes mengatakan, kita yang berasal dari Allah dan kita bisa tidak berbuat dosa. Kadang kita katakan, iblis lebih berkuasa dari kita. Kalau iblis cobai kita, kita jatuh. 1 Kor 13 katakan, kita diberikan kekuatan, Tuhan sediakan jalan. Sebenarnya kita bisa kalahkan dosa. Hanya kita tidak punya keinginan untuk mengalahkan iblis. Kita diberikan senjata untuk digunakan seperti perisai iman dll. Kita hanya tidak mau. Bahkan ada orang kristen yang menikmati dosa. Dosa itu dirasa begitu nikmat sehingga dosa dipegang dan tidak mau dilepaskan. Akhirnya bukan ikuti Tuhan tapi Iblis. Iblis pintar sekali, kita lakukan dosa kecil tidak apa-apa. Tapi orang percaya punyakeyakinan kita bisa menang untuk kalahkan dosa.

Yohanes katakan, kita harus waspada terhadap segala berhala. Berhala sering diartikan sebagai patung. Tetapi sebenarnya pengertiannya luas sekali. Segala sesuatu yang dianggap lebih tinggi dari Tuhan dianggap sebagai berhala. Misal : lebih cintai hobi dari Tuhan itu dianggap berhala. Berhala ingin menjauhkan kita dari Tuhan.

Dosa yang mendatangkan maut : dosa yang tidak ampuni. Orang yang hatinya keras, walau pun sudah digerakkan tapi hatinya tetap tidak mau percaya. Dosa kalau kita datang ke Tuhan, Ia akan ampuni dosa kita. Seperti Daud, yang berjina dengan istri Uria, Betsyeba. Bkan berarti ia tidak diselamatkan Tuhan, ia datang kepada Tuhan minta ampun. Tetapi tetap dihukum Tuhan. Anak hasil perjinahan mati. Bahkan waktu tuanya, keluarganya kacau balau. Anaknya Absalom memperkosa adiknya lalu ia dibunuh. Pembunuhnya balik untuk bunuh bapanya Daud. Kerajaannya pecah jadi 2 : israel dan Yehuda.
Walaupun kita diampuni, kita tetap dihukum.

I Yoh 5:1 lahir dari Allah, kita punya sifat Allah yakni kasih.
“dia” artinya saudara seiman
1 Yoh 5:4 dunia : cara-cara yang dipakai iblis untuk menjatuhkan manusia
Yak : ada 3 musuh kita pasal 4:1-10 : hawa nafsu (diri kita sendiri), ayat 4 dunia, ayat 7 iblis
Gal 4:9-10
4:9 Tetapi sekarang sesudah kamu mengenal Allah, atau lebih baik, sesudah kamu dikenal Allah, bagaimanakah kamu berbalik lagi kepada roh-roh dunia yang lemah dan miskin dan mau mulai memperhambakan diri lagi kepadanya?
4:10 Kamu dengan teliti memelihara hari-hari tertentu, bulan-bulan, masa-masa yang tetap dan tahun-tahun.
Galatia :  orang Yahudi yang punya pengertian : selain percaya harus ikuti adat. Di kalender orang Tionghoa , hari ini tidak boleh memindahkan ranjang.

Iman mengalahkan dunia : maksudnya setelah dapat iman kita mengalahkan dunia. Ini jaminan Allah. Masalah : kenapa kita tidak bisa kalahkan dunia. Karena sering diri kita tidak mau.

No comments:

Post a Comment