Wednesday, October 24, 2012

Akhir Zaman



Ev Pangsuri


2 Pet 3:1-18
3:1 Saudara-saudara yang kekasih, ini sudah surat yang kedua, yang kutulis kepadamu. Di dalam kedua surat itu aku berusaha menghidupkan pengertian yang murni oleh peringatan-peringatan,
3:2 supaya kamu mengingat akan perkataan yang dahulu telah diucapkan oleh nabi-nabi kudus dan mengingat akan perintah Tuhan dan Juruselamat yang telah disampaikan oleh rasul-rasulmu kepadamu.
3:3 Yang terutama harus kamu ketahui ialah, bahwa pada hari-hari zaman akhir akan tampil pengejek-pengejek dengan ejekan-ejekannya, yaitu orang-orang yang hidup menuruti hawa nafsunya.
3:4 Kata mereka: "Di manakah janji tentang kedatangan-Nya itu? Sebab sejak bapa-bapa leluhur kita meninggal, segala sesuatu tetap seperti semula, pada waktu dunia diciptakan."
3:5 Mereka sengaja tidak mau tahu, bahwa oleh firman Allah langit telah ada sejak dahulu, dan juga bumi yang berasal dari air dan oleh air,
3:6 dan bahwa oleh air itu, bumi yang dahulu telah binasa, dimusnahkan oleh air bah.
3:7 Tetapi oleh firman itu juga langit dan bumi yang sekarang terpelihara dari api dan disimpan untuk hari penghakiman dan kebinasaan orang-orang fasik.
3:8 Akan tetapi, saudara-saudaraku yang kekasih, yang satu ini tidak boleh kamu lupakan, yaitu, bahwa di hadapan Tuhan satu hari sama seperti seribu tahun dan seribu tahun sama seperti satu hari.
3:9 Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat.
3:10 Tetapi hari Tuhan akan tiba seperti pencuri. Pada hari itu langit akan lenyap dengan gemuruh yang dahsyat dan unsur-unsur dunia akan hangus dalam nyala api, dan bumi dan segala yang ada di atasnya akan hilang lenyap.
3:11 Jadi, jika segala sesuatu ini akan hancur secara demikian, betapa suci dan salehnya kamu harus hidup
3:12 yaitu kamu yang menantikan dan mempercepat kedatangan hari Allah. Pada hari itu langit akan binasa dalam api dan unsur-unsur dunia akan hancur karena nyalanya.
3:13 Tetapi sesuai dengan janji-Nya, kita menantikan langit yang baru dan bumi yang baru, di mana terdapat kebenaran.
3:14 Sebab itu, saudara-saudaraku yang kekasih, sambil menantikan semuanya ini, kamu harus berusaha, supaya kamu kedapatan tak bercacat dan tak bernoda di hadapan-Nya, dalam perdamaian dengan Dia.
3:15 Anggaplah kesabaran Tuhan kita sebagai kesempatan bagimu untuk beroleh selamat, seperti juga Paulus, saudara kita yang kekasih, telah menulis kepadamu menurut hikmat yang dikaruniakan kepadanya.
3:16 Hal itu dibuatnya dalam semua suratnya, apabila ia berbicara tentang perkara-perkara ini. Dalam surat-suratnya itu ada hal-hal yang sukar difahami, sehingga orang-orang yang tidak memahaminya dan yang tidak teguh imannya, memutarbalikkannya menjadi kebinasaan mereka sendiri, sama seperti yang juga mereka buat dengan tulisan-tulisan yang lain.
3:17 Tetapi kamu, saudara-saudaraku yang kekasih, kamu telah mengetahui hal ini sebelumnya. Karena itu waspadalah, supaya kamu jangan terseret ke dalam kesesatan orang-orang yang tak mengenal hukum, dan jangan kehilangan peganganmu yang teguh.
3:18 Tetapi bertumbuhlah dalam kasih karunia dan dalam pengenalan akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus. Bagi-Nya kemuliaan, sekarang dan sampai selama-lamanya.

Pengertian yang murni di dapatkan dari FT
2 Pet 3:1b-2Di dalam kedua surat itu akau berusaha menghidupkan pengertian yang murni oleh peringatan2 supaya kamu mengingat akan perkataan yang dahulu telah diucapkan oleh naib2 kudus dan mengingat akan perintah Tuhan dan Juruselamat yang telah disampaikan kepadamu
Dalam dunia ini banyak pengejek dan ajaran sesat yang sepertinya baik tetapi tidak murni seperti yang Tuhan ingin kita lakukan dalam hidup kita. Petrus ingin ajak kita kembali kepada ajaran Tuhan. Hidup yang murni adalah hidup yang sesuai dengan yang diinginkan TY.
Salah satu aajaran benar yang Petrus ingatkan kita adalah kedatangan Tuhan yang kedua. Karena waktu itu banyak ajaran yang timbul, tidak ada kedatangan TY yang kedua. Sejak dunia seperti waktu dunia petama kali diciptakan. Banyak orang tidak percayai ajaran yang benar tentang ajaran kedatangan KY yang kedua bohong. Bukan dulu saja, zaman sekarang banyak ajaran sesat pengejek yang percaya hal ini dan menganggapnya bodoh. Biasanya ada 2 tipe orang yang mengajarakan yang menyebarkan ajaran TY yang kedua ini yaitu : tidak ada kedatangan TY, itu hanya kebohongan saja. (ayat 4). Yang kedua, kedatangan TY ada. Tetapi yang salah mereka menetapkan tanggalnya. Mungkin mereka percaya seperti Alkitab yaitu kedatangan kedua kali, tetapi keliru dalam menetapkan kapan Yesus datang kedua kali. Kita bisa lihat di sekitar kita. Misalanya : 1999, tanggal 9 September katanya mau kiamat. Jadi rame tapi rupanya tidak terjadi. Lalu pernah ada Pdt Manapin Sibuea sempat mengajarkan semua datang ke Bandung berkumpul berdoa karena TY akan datang kedua kali. Lalu ditangkap polisi. Terakhir tahun lalu muncul ajaran kedatanggan TY kedua melalui film 2012. Jadi katanya 2012 akan kiamat 2 tahun lagi. Itu mirip dengan ajaran kristen tetapi keliru karena menetapkan tanggal2nya. Kalau kita kembali kepada perkataan petrus., ajaran tsb harus dibuang karena tidak sesuai dengan yang Alkitab katakan.

Pengertian yang murni tentang kedatangan Yesus yang kedua : sederhana. Kedatangan tsb ada, tapi tidak ada yang tahu waktunya (ayat 10). Kedatangan TY seperti pencuri yang datangnya tiba-tiba. Hanya Bapa saja yang tahu kapan waktunya. Sehingga banyak jemaat yang bertanya : kenapa hari Tuhan dijanjikan tapi tidak datang-2 walau sudah beribu tahun. Petrus kasih alasan kepada kita : Tuhan masih sabar supaya orang yang belum percaya dapat bertobat (ayat 8-9).
Tuhan baik dan sabar agar banyak orang datang dihadapanNya. Karena itu Ia masih menunda untuk datang ke dalam dunia ini lagi. Bukan berarti TY tidak tepat janji dan lalai juga. Kalau kita lihat sebuah survei, di Afrika sekitar 5 tahun lalu setiap tahun 16.173 orang yang bertobat di Afrika. Sehingga setiap hari / minggu masih banyak orang bertobat di negara itu. Belum lagi di daerah lain di seluruh dunia ini. Jadi TY masih memberi ksempatan manusia untuk bertobat. Karena itu TY masih bleum datang juga, sabar thp kita. Mungkin kita bisa pikirkan juga, kita sudah bertobat dan percaya Tuhan mengapa TY belum datang juga demi kita? Ada beberapa penafsir mengatakan ,
Ia ingin suapaya kita makin dekat, serupa dan mengenal dengan Dia. Sehingga walau kita sdh percaya, kita lihat hari2 kita sebagai anugerah. Kita mau giat melayani Tuhan lebih sungguh, makin banyak membawa jiwa pada Tuhan dan hidup makin baik lagi setiap harinya, sehingga saat Tuhan datang kita semakin siatp.
Itu yang menjadi peringatan dari Petrus kepada kita. Bahwa T tidak lalai terhadap janjinya…

Ayat 17-28 Peturs mengatakan sebagai penutup :
3:17 Tetapi kamu, saudara-saudaraku yang kekasih, kamu telah mengetahui hal ini sebelumnya. Karena itu waspadalah, supaya kamu jangan terseret ke dalam kesesatan orang-orang yang tak mengenal hukum, dan jangan kehilangan peganganmu yang teguh.
3:18 Tetapi bertumbuhlah dalam kasih karunia dan dalam pengenalan akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus. Bagi-Nya kemuliaan, sekarang dan sampai selama-lamanya.
Dalam kedua ayat ini, Petrus merangkumkan segala tulisannya, ia ingin mengingatkan lagi ajaran yang benar supaya kita menghadapi ajaran yang salah dalam dunia ini. Bukan saja untuk hadipi ajaran salah / sesat, tetapi kita mau rindu bertumbuh iman kerohanian kita dan mengenalNya lebih dalam. Simpel , sederhana pasal ke3. Tujuan Petrus hanya 1 yaitu kita tahu ajaran yang benar, tumbuh pengenalan kita terhadap Yesus.

Setelah lihat 4 minggu dari ajaran Petrus boleh kita ingat, pakai , lakukan untuk menghadapi ajaran yang salah di sekitar kita.

Q : perpanjangan waktu supaya lebih banyak waktu untuk orang bertobat. Bisa juga jika ditunda semakin banyak yang tidak diselamatkan. Apakah Tuhan punya target jumlah tertentu yang masuk ke sorga?
Tidak tahu matematika Tuhan apakah ada target atau tidak. Petrus yang mengatakan hal tentang penundaan waktu itu. Doktrin kedatangan TY kedua ada 3 ajaran khsusunya tentang orang yang diselamatkan :
  1. Amilenium sekarang masa anugerah diberi kesempatan untuk percaya. Yang percaya akan diselamatkan. Tidak ada kerajaan seribu tahun. Kita tinggal tunggu Tuhan saja, dan kita akan naik ke sorga.
  2. Post milenium. Setelah 1.000 tahun. Orang ini mengatakan banyak manusia jadi orang kristen di dunia ini. Jumlahnya tidak tahu, tetapi lebih banyak orang kristen daripada yang bukan orang kristen. Dunia kristen akan jadi baik dan aman dan semuanya memuliakan Tuhan. Setelah jadi kedamaian dalam dunia dan banyak yang percaya / bertobat baru TY datang
  3. Premilenium. Seblum kerajaan 1.000 tahun TY sudah datang.
Target berapa tidak tahu. Mungkin bisa masuk ajaran kedua tentang Postmilenium. Akan ada banyak orang kristen baru TY datang.
Mat 24:14 Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya."
2 Pet 3 : manusia bisa mempercepat kedatangan hari Tuhan. Mempercepat hari Tuhan disambung Mat 24:14, postmilenium, kalau kita banyak menginjili orang banyak percaya maka kita mempercepat kedatangan hari Tuhan.
Tidak ada rumusan yang tepat. Hanya dapat menafsir.


No comments:

Post a Comment