Thursday, October 25, 2012

Jemaat Smirna



Ev. Stephanie


Perkenalan diri Allah di Smirna
Smirna bangga , kota pertama, tapi Tuhan bilang ia yang pertama dan yang akhir
Artinya Tuhan masih mengawasi Smirna

Yang Awal dan Akhir
Bukan hanya mengetahui apa saja yang sedang terjadi tetapi juga apa yang terjadi dan akan terjadi dngan kehdupan umatNya. Ini berkaitan dengan kedaultan dan kekekalan.

Yang kedua : Yang telah mati dan Bangkit kembali
Orang-orang Yahudi dan kekasiranRomawi dapat membinasakan dan menghancurkan tubuh manusia tetap saja memegang kendali atas Roh manusia adalh kekal. Tuhan memberikan jaminan kekal bahwa ia menguasai masa depan kekal. Ia telah mati tetapi hidup kembali. Ia yang menjamin kehidupan kita. Ini berarti Tuhan adalh Juruselamat satu-satunya. Yesaya 44:6
Beginilah firman TUHAN, Raja dan Penebus Israel, TUHAN semesta alam: "Akulah yang terdahulu dan Akulah yang terkemudian; tidak ada Allah selain dari pada-Ku.

Segala sesuatu bisa rusak mengalami penuasaan. Ia kekal, tidak bisa rusak. Tuhan inilah yang memberikan jaminan kepada kita. Kita akan mati tetapi akan memiliki hidup yang kekal.

Matius 10:28
Dan janganlah kamu takut kepada mereka yang dapat membunuh tubuh, tetapi yang tidak berkuasa membunuh jiwa; takutlah terutama kepada Dia yang berkuasa membinasakan baik jiwa maupun tubuh di dalam neraka.
Yang sesuatu perlu kita takuti adalah pribadi Allah sendiri.
Orang-orang di dalam dunia dapat menyiksa tetapi tidak dapat menjamin kekekalan kita.

Sepuluh hari.

Tujuan dicobai
Ada waktunya hanya dibatasi 10 hari.
Suatu gambaran waktu yang tidak terlalu lama, namun dalam arti sudah cukup di  mata TUHAN.
Apa yang kita alami mungkin tidak selesai-selesai, tetapi nyata bahwa saat kita alami penganyiaan bukan Tuhan jahat tetapi iblis yang ingin mencobai kita. Tujuannya untuk cobai umat Tuhan. Tetapi cobaan yang dialami tidak akan melebihi kekuatan kita. Tuhan tahu batas kemampuan kita. Dia tidak sekedar tahu tetapi mengerti. Apa arti 10 hari? Adalah waktu yang relatif singkat dan menurut Tuhan sudah cukup. Apa artinya? God is still in control. Iblis bisa mencobai dan menguasai kita dengan menggunakan orang-orang dunia. Tuhan mengijjinkan orang di sekeliling menghina kita. Tetapi tidak akan sebanding dengan kekekalan yang akan kita terima nanti. Bukan iblis yang pegang kendali tetapi Allah yang memegang kendali. Allah bilang cukup maka iblis tidak bisa lagi. Allah memegang kendali , tahu, mengerti atas kita.

Setia sampai mati (Mark 8:34)
Tuhan minta kita setia sampai mati. Markus 8>34 siapa mau ikut aku harus menyyangkal diri, memikul Salib dan mengikut aku. Ia minta kita setia sampai mati. Ketika ia meminta kita setia tidak sekedar minta tetapi menjanjikan sesuatu pada kita.

Salah satu orang Smirna : Polikarpus. Martir abad pertama. Ia orang yang mati karena tidak mau menyangkal imannya. Di Smirna ada kekaisaran yang memegang kendali juga. Polikarpus disuruh memmanggil kaisar sebagai Tuhan. Ia tidak mau dan ia percaya Tuhan satu-satunya Juruselamat dia, dan ia mati dengan cara dibakar hidup-hidup yang bakarnya orang Yahudi yang tinggal di Romawi. Mereka mengaku Yahudi, orang-orang pilihan Allah tetapi mereka melakukan sesuatu yang bertentangan dengan Allah. Mreka menentang umat Allah. Salah satu hak orang Kristen saat dianiaya ialah bukan mereka dihina tetapi mereka menghina dan menganiaya Allahnya orang Kristen. Jadi Allah bersama dengan kita saat kita mengalami kesulitan.

Mahkota Kehidupan
Ada janji yang Tuhan berikan saat kita setia sampai mati.
Ada 2 : jangan takut dan hendaklah setia sampai mati. Dan Tuhan masih janjikan satu anugerah. Ia maengaruniakan mahkota kehidupan. Arti dalam bahasa aslinya mirip dengan nama Stephanie. Stephanos artinya Mahkota yang diperoleh dalam pertandingan. Orang yang dapat mahkota raja hanya dapat diturunkan. Tetapi Stephanos berarti diperoleh mati-matian dan akhirnya menang. Jadi sesuatu yang sangat berharga. Cari jdodoh, jangan cari yang karya tetrapi yang mau kerja. Artinya sesuatu yang diperoleh dengan jerih payah kita lebih berharga.
Mahkota yang lebih berharga daripada mahkota raja yang diturunkan kepada pewarisnya.
Berarti Tuhan benar-benar bangga yang sudah berhasil mempertahankan imannya, kekristenan, iman kita kepada Tuhan. Ini hadiah yang luar biasa dari Tuhan.

Bagian ini ditutup dengan : siapa bertelingga hendaklah ia membaca dan menerima kebenaran firman Tuhan. Barang siapa menang, ia tidak adakan menderita apapun dalam kematian yang kedua. Kematian kedua adalah kematian yang kekal artinya keterpisahan dengan Allah. Mahkota kehidupan diterima berkaitan dengan kekekalan kita. Tetapi saat kita menyangkal iman kita karena kepentingan pribadi kita, bukan saja tidak terima mahkota kehidupan tetapi juga terpisah dari Allah. Kita selamat di dunia tetapi menerima kematian yang kekal.

Kematian yang kedua
Kematian yang kekal dan final, yaitu kematian dalam arti keterpisahan dengan Allah yang hidup untuk selama-lamanya yaitu , lautan api (bdk. 20:6, 14)

Pergamus
Letaknya di atas Smirna. Gereja Tuhan yang ketiga Pasal 2:12-17.
2:12 "Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Pergamus: Inilah firman Dia, yang memakai pedang yang tajam dan bermata dua:
2:13 Aku tahu di mana engkau diam, yaitu di sana, di tempat takhta Iblis; dan engkau berpegang kepada nama-Ku, dan engkau tidak menyangkal imanmu kepada-Ku, juga tidak pada zaman Antipas, saksi-Ku, yang setia kepada-Ku, yang dibunuh di hadapan kamu, di mana Iblis diam.
2:14 Tetapi Aku mempunyai beberapa keberatan terhadap engkau: di antaramu ada beberapa orang yang menganut ajaran Bileam, yang memberi nasihat kepada Balak untuk menyesatkan orang Israel, supaya mereka makan persembahan berhala dan berbuat zinah.
2:15 Demikian juga ada padamu orang-orang yang berpegang kepada ajaran pengikut Nikolaus.
2:16 Sebab itu bertobatlah! Jika tidak demikian, Aku akan segera datang kepadamu dan Aku akan memerangi mereka dengan pedang yang di mulut-Ku ini.
2:17 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat: Barangsiapa menang, kepadanya akan Kuberikan dari manna yang tersembunyi; dan Aku akan mengaruniakan kepadanya batu putih, yang di atasnya tertulis nama baru, yang tidak diketahui oleh siapa pun, selain oleh yang menerimanya."
Pergamus. Memiliki perpustakaan terbesar yang dapat menandingi perpustakaan di Alexandria. Terkenal banyak sekali kuil-kuil terbesar. Ada dewa yang namanya dewa Asclepius yang adalah dewa kesembuhan. Kuilnya tersebar dimana-mana seperti di Singkawang. Banyak sekali.
Ada seorang ahli yang katakan : hidup di Pergasmus 365 hari seperti hidup menghirup asap. Jadi mereka hidup dengan persembahan kepada dewa-dewa di Pergamus. Sehingga tempat ini, iblis benar-benar berkuasa.
Takhta berarti kerajaan atau kekuasaan. Berarti hidup di sana benar-benar pergulatan melawan kuasa gelap. Ada pembicara dari Teluk Gong, kalau mau adakan kebaktian ibarat peperangan rohani. DI teluk Gong ada 61 kuil. Waktu KKR bisa mati lampu dll. Itu baru 61 , bagaimana kalau kuil di mana-mana dan keluarkan asap terus yang artinya penyemahan tidak berhent-henti. Kita harus berdoa untuk daerah seperti ini.

No comments:

Post a Comment