Friday, May 20, 2016

Dunia Roh oleh Pdt. Ketut Gana Bag 2/3 (Kelas Tiranus VI)


Sambungan dari bagian 1/3

Roh

Roh yang kita kenal adalah :

1.     Roh Tuhan  atau Roh Kudus. Semua orang percaya mengenalNya. Dalam Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru ada beberapa istilah lain tentang Roh Kudus. Roh ini adalah satu dan ini pegangan kita. Roh ini adalah roh yang suci yang akan membimbing, mengajar dan memberi kita penghiburan. Begitu banyak fungsinya,  yang jelas Ia menjamin keselamatan kita.
2.     Roh jahat.  Roh jahat adalah roh iblis. Historisnya tidak usah saya ceritakan karena kita sudah tahu. Disebut juga setan dan istilah yang dipakai di surga adalah pemberontak. Sedangkan di dunia digunakan istilah iblis, pemerintah , penguasa dunia gelap. Di dalam dunia politik juga ada, di sini pemberontak di tempat lain terangkat jadi pemerintah. Di semua gereja apapun roh ini lazim.
3.     Ada satu roh yang di dalam diri kita yang waktu manusa diciptakan dari tanah Tuhan hembuskan nafas kehidupan. Roh ini sering kurang dipahami. Di dalam Alkitab disebutkan roh itu sebagai roh dunia karena roh ini memang ada di dunia tetapi bukan roh iblis dan Roh Tuhan. Roh ini tidak ada kaitannya dari awal (permulaan, penciptaan).

Roh Dunia
Apa yang kita kenal dari roh dunia? Roh dunia membuat kita hidup di dunia, mempunyai kuasa dunia, bisa membaca, menulis, mencari ilmu, bekerja, bisa jadi kaya dan  hebat. Kita bisa punya roh dunia, kita bisa di-supportnya menjadi orang terkenal, berpangkat dan hebat. Tetapi kalau kita lihat apa yang Firman Tuhan katakan? Saat kita belum dewasa (akil balik), kita masih diatur oleh roh dunia.

Ayat referensinya
1.     Kolose 2:8 8  Hati-hatilah, supaya jangan ada yang menawan kamu dengan filsafatnya yang kosong dan palsu menurut ajaran turun-temurun dan roh-roh dunia, tetapi tidak menurut Kristus. Rasul Paulus dipakai untuk membina umat Tuhan agar umat Tuhan stabil dan imannya bagus. Roh dunia bukan Roh Kristus.  Roh dunia punya pengaruh mendidik dan mengajar manusia.
2.     Kolose 2:20 20  Apabila kamu telah mati bersama-sama dengan Kristus dan bebas dari roh-roh dunia, mengapakah kamu menaklukkan dirimu pada rupa-rupa peraturan, seolah-olah kamu masih hidup di dunia:

Setelah roh dunia membuat kita adi, hebat, ahli membuat sesuatu, orang bisa dipengaruhi lagi oleh roh dunia walau ia telah mati bersama Yesus (menjadi pengikut Yesus). Inilah istilah dari orang yang mundur dari imannya, murtad dan meninggalkan kembali Tuhan. Begitu mudah, karena ditarik oleh dunia ini. Dunia menawarkan segala sesuatu yang baik, indah dan senang sehingga ia meninggalkan Yesus. Di sini kita mau melihat : ada roh dunia yang adalah netral dari awal sampai kita mencapai tujuan (berhasil). Setelah kita dibaptis di gereja atau disidi (penyerahan dari kecil / akil balik menjadi milik Tuhan) sehingga roh dunia kita dikontrol oleh Roh Tuhan. Kesuksesan kita misal menjadi ahli pembuat bom, membuat pesawat, atau apa saja yang bisa bahaya / baik. Contoh :  dibuat nuklir supaya jadi baik. Tetapi karena yang ahli ini tidak serahkan kepada Tuhan, maka tidak jadi baik. Apalagi orang ahli meninggal, keahliannya tidak diambil oleh Tuhan.  Berbeda dengan iblis. Ia tidak ketok, tetapi ia akan merampas, mencuri dan memaksa, maka keahlian yang ada menjadi alat oleh Iblis sehingga jadilah roh dunia yang awalnya bagus menjadi alat iblis, menjadi pembunuh, pembinasa dan sebagainya. Misalnya sekarang ada banyak penjahat yang memakai alat-alat canggih, penjahat dimanfaatkan oleh iblis.

Ada 2 yang saya gariskan dari  kesaksian saya :
1.     manusia hidup bisa dipakai oleh iblis.
Seperti Saulus dipakai iblis sehingga jadi jahat. Juga orang ahli (sukses) yang mati, maka rohnya akan dipakai oleh iblis karena iblis adalah perampok. Terjadilah roh manusia menjadi hamba atau alat iblis sehingga timbul istilah roh gentayangan. Saya mau berbagi dulu agar iman kita kuat. Kalau kita sudah di dalam Yesus, Yesus yang memakai kita. Siapa yang percaya kepadaNya tidak binasa tetapi akan hidup kekal. Orang yang menyatu dengan Yesus (orang di dalam Tuhan) tidak akan gentayangan karena ada Firman Tuhan dan janji Tuhan. Tidak mungkin setelah mati, kita kemana-mana melainkan bersama Yesus. Yesus sudah menyediakan dan menjamin tempat yang indah. Orang yang mati di dalam Tuhan Yesus diberikan rumah baru, tubuh baru, secara logika sehingga tidak perlu ke mana-mana. Orang punya rumah dan tubuh tidak perlu gentayangan. Sumber segala gentayangan adalah tidak punya rumah dan tubuh sehingga setelah mati dipakai oleh iblis. Iblis bisa menggunakan beberapa cara.

2.     Orang yang mati di luar Tuhan Yesus, rohnya dipakai oleh iblis untuk menganggu.
Dia diperintah iblis. Iblis  juga akan merindukan ‘rumah / tubuh’ sehingga iblis ingin masuk ke tubuh manusia. Sekarang ini mayoritas orang-orang mati di luar Tuhan sudah begitu mendesak memerlukan tempat yaitu tubuh kita karena iblis ingin berbicara melalui kita. Waktu iblis masuk ke Yudas, Tuhan Yesus katakan , iblis masuk ke Yudas. Orang mati di luar Kristus, Ia bisa masuk karena iblis menyuruhnya atau iblis membuat penyamaran. Misalnya : ibu saya meninggal. Saat itu saya belum Kristen. Kemudian kakak saya yang menjadi tentara, ingin membangun rumah. Ia punya uang dan kemudian membawanya ke toko bangunan untuk membeli bahan. Sebelumnya ia ke tukang ramal dulu untuk bertanya,”Bagaimana ibu saya? Sampai hati tidak saya membangun rumah?” Dukun tersebut kemudian kemasukan roh ibu saya, menurut mereka jalan dan suaranya persis sehingga kakak saya tidak meragukan. Kakak saya menangis karena dukun itu sudah mengeluarkan suara ibu saya. Ia bilang, “Kamu kok sampai hati membangun rumah. Ibu menderita, tidak ada rumah dan tubuh.” Akhirnya hati kakak saya hancur. Semua uang dikasih ke dukun sehingga ia tidak punya uang. Kita yang tunggu di luar dan mau mengantar ke toko bangunan, ia berkata bahwa ia sudah tidak punya uang karena tadi sudah diberikan ke ibu. Kami heran, karena ibu sudah tiada. Ia bilang, tadi ibu datang. Bayangkan! Iblis bisa menyamar sebagai orang mati. Kalau ada keluarga yang meninggal, mendatangi rumah dan minta sesuatu jangan percaya! Di dalam Tuhan tidak akan bisa. DI luar Tuhan itu mudah sekali. Saya telah melayani banyak orang kesurupan, ada yang kemasukan iblis, roh orang mati dan jadi-jadian. Saya pernah membaca bahwa di Tanah Toraja ada 20 roh jadi-jadian dengan tugas masing-masing. Kalau kita pegang Firman Tuhan, maka kita tidak usah percaya. Demikian juga di Bali, roh jahat tidak akan pernah menganggu kita. Ia takut lebih dulu karena Tuhan Yesus di dalam kita, Tuhan Yesus lebih besar. Saya katakan itu agar iman kita kuat, karena yang lainnya taktik iblis. Ia begitu lihai tetapi kita tidak bisa ditipu.

Pentakosta, Roh Kudus turun.

1 Kor 12:9-11 Kepada yang seorang Roh yang sama memberikan iman, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menyembuhkan.  Kepada yang seorang Roh memberikan kuasa untuk mengadakan mujizat, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk bernubuat, dan kepada yang lain lagi Ia memberikan karunia untuk membedakan bermacam-macam roh. Kepada yang seorang Ia memberikan karunia untuk berkata-kata dengan bahasa roh, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menafsirkan bahasa roh itu. Tetapi semuanya ini dikerjakan oleh Roh yang satu dan yang sama, yang memberikan karunia kepada tiap-tiap orang secara khusus, seperti yang dikehendaki-Nya.

Ada banyak karunia-karunia Roh Kudus. Salah satunya adalah karunia membedakan roh. Sekarang waktunya kita  membutuhkan karunia ini. Segala karunia lain juga bagus , tetapi ini sangat penting untuk menjaga keselamatan kita. Dikatakan bahwa kalau Yesus mau datang, iblis akan mendahului dia dengan membuat yang palsu, mendatangkan nabi-nabi palsu, mujizat palsu dibuat bahkan Yesus palsu. Ini yang berat dan mungkin bukan tandingan kita. Tapi yang ringan ada tugas kita. Tuhan yang akan berbicara dengan dia. Tugas kita menjaga diri karena penjahat menyamar jadi orang baik, membuat kita tertipu. Saat perusahaan mencari pegawai maka tanpa diketahui keturunan dukun yang diterima, jadi tertipu. Juga waktu mencari baby-sitter melalui iklan, orang yang jahat yang diterima karena kita tidak tahu. Karena kita terima begitu saja tanpa diseleksi. Saya memberi pengertian ke salah satu toko berisi bagian musik dan khotbah Kristen. Pemiliknya seringkali menerima tamu dan pegawai begitu cepat. Tanpa analisa dan interview ia sudah menerima dan akhirnya sesudah masuk, pegawainya itu mengacau luar biasa. Maka suatu hari saya datang ke tokonya dan berkata, “Ujilah setiap roh. Ini pegawai tetapi ia tidak cari uang. Ia diutus oleh groupnya untuk mengacaukan pusat pelayanan Kristen.” Ia pengusaha Kristen. Saya membimbing keluarga Kristen agar bisa membedakan mana yang jahat dan tidak. Bapak itu taat dan percaya Tuhan lebih besar. Akhirnya ketahuan, ia diutus groupnya (kelompok gereja setan). Kuasa Tuhan membongkar tipu muslihat iblis. Di dalam banyak kasus sekarang ada hal-hal dimana roh jahat yang diutus kepada kita. Berapa banyak pembantu yang diutus mengacaukan rumah tangga, sesudah pembantu masuk suami istri kacau dan anak bertengkar. Maka ujilah roh itu. Kalau  kita menerima dari Tuhan karunia membedakan roh. Kita sudah diberi kepekaan kalau setiap hari bergaul dengan Tuhan. Karunia ini khusus. Yos 1:9. 9  Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke manapun engkau pergi." Makin dekat dengan Tuhan, penipuan Iblis makin ketat dalam segala hal. Ada 3 sarana yang dimanfaatkan iblis di Taman Eden : ular (binatang yang paling cerdik dan sekarang manusia yang paling pintar bisa dipakai iblis). Kedua, firman dipakai oleh iblis. Firman diputar balik. Seperti saat ular meyakinkan Hawa untuk memakan Buah Pengetahuan Yang Baik dan yang Jahat padahal Firman Tuhan berkata, kamu tidak akan mati menjadi Kamu tidak akan mati bahkan jadi seperti Allah”. Akhirnya ini menjadi ajaran sesat sehingga lahirlah aliran sesat. Namun sekarang kita sudah mengerti. Roh Tuhan membuat kita bisa membedakan roh itu.  Yang ketiga ini paling berhasil di taman eden justru sekarang dianggap paling sepele. Makanan yang Tuhan beri adalah makanan kehidupan, pengetahuan baik dan jahat. Saat ini kita mengerti makanan kehidupan adalah makanan yang memberi kehidupan. Kejadian : makanan ini buah-buahan, makanan organik memiliki enzim dan unsur yang kuat dan sehat. Sekarang makanan yang dicari adalah makanan yang enak yang merupakan pengetahuan orang yang membuat laporan yang enak. Sehingga dikasih makanan yang mematikan, racun-racun dan sebagainya. Orang makin tidak sadar.

Suatu kali saya pernah tidak bisa berjalan. Waktu di Korea naik royal jet coaster dan turunnya tidak bisa berjalan. Dari Korea ke Jakarta saya benar-benar menderita. Kemudian saya diperhadapkan kepada Tuhan. Saya hampir tidak pernah ke dokter. Saya sudah mulai ditunjukkan oleh Tuhan untuk menghargai firman Tuhan tentang makanan-makanan yang sehat. Sehingga sekarang saya punya taman pemulihan di dalamnya ada makanan-makanan sehat, sayur-sayuran dan  buah-buahan. Semuanya organik. Saya menjadi sehat karena makan makanan ini, bukan obat. Minggu lalu saya masih sakit pinggang dan tidak bisa berjalan baik. Saya dapat artikel. Artikel itu mengatakan sekarang pengusaha di Amerika yang sangat kaya raya itu diklaim. Karena produknya (havermut) diisi racun dari pemati rumput. Sehingga produknya dibuangin. Syukur saya tahu. Karena selama setahun saya memakai root beer. Saya juga selalu membuat analisa mengenai obat-obat herbal. Saya telah menemukan cukup banyak hal termasuk daun vairmont, insulin dll.  Saya bisa mengikuti penelitian-penelitian secara rutin selama setahun. Yang terakhir saya pakai daun alpukat, direbus dari 3 gelas jadi 1 gelas. Hasil penelitiannya ada unsur ini dan itu. Dengan artikel bahwa root beer itu mengandung racun sehingga saya hentikan dan sekarang tidak rasa sakit. Karena saya sekarang tambahkan racun tetapi tambahan daun-daunan yang merupakan hasil ketaatan pada Firman Tuhan. Firman Tuhan jelas daun itu disiapkan sebagai obat. Yesaya 47:12   Pada kedua tepi sungai itu tumbuh bermacam-macam pohon buah-buahan, yang daunnya tidak layu dan buahnya tidak habis-habis; tiap bulan ada lagi buahnya yang baru, sebab pohon-pohon itu mendapat air dari tempat kudus itu. Buahnya menjadi makanan dan daunnya menjadi obat.", Wahyu 22:2  Di tengah-tengah jalan kota itu, yaitu di seberang-menyeberang sungai itu, ada pohon-pohon kehidupan yang berbuah dua belas kali, tiap-tiap bulan sekali; dan daun pohon-pohon itu dipakai untuk menyembuhkan bangsa-bangsa. Dua tempat itu begitu luar biasa. Bagi saya yang meneliti di bidang herbal. Saya sudah 11 tahun menggunakannya untuk menolong orang-orang yang punya uang dan kemampuan ke rumah sakit dan ke dokter. Tempat saya penuh dengan daun-daun itu untuk menolong saudara-saudara kita. Saya bersyukur bahwa saya diingatkan Tuhan bahwa daun itu obat.  Itu membuat saya tidak bisa jalan. Daunnya saya rebus, intinya dimasukkan, obatnya diminum. Kebanyakan kita sekarang disakiti oleh racun yang ada di dalam makanan yang tanpa kita tahu. Tetapi Tuhan memberi kita kemampuan membedakan. Meskipun racun sangat kecil, Tuhan ingatkan kita saat kita berdoa, kita dicegah meminumnya. Kalau tidak secangkir kopi saja bisa membunuh orang. Iblis meng-update programmnya untuk sekarang. Saya survey ke STT-STT. Tamatan dan alumni yang dipakai Tuhan. Masih muda dipanggil Tuhan. Banyak sekali. Saya bersyukur. Saya sekarang 72 tahun  (6 bulan lagi 73 tahun). Berapa kali saya seharusnya tapi mati tidak jadi. Mati karena kuasa gelap banyak. Dua kali saya dibakar dalam mobil, mobilnya terbakar tapi saya tidak. Racun pun dikasih dalam makanan. Saya berdoa dan racun pun ditawarkan oleh Tuhan. Ada juga yang racunnya berat, makanan itu jatuh ke bawah. Luar biasa kalau kita mau memakai potensi yang Tuhan berikan.

Apakah roh-roh orang mati itu berbahaya bagi kita?

Tidak usah takut. Ia sebetulnya diperintah oleh roh jahat untuk suatu tujuan menahlukkan kita agar kita menjadi pengikut roh jahat dan akan dimanfaatkan untuk berperang melawan Yesus. Wahyu 17:12-13 Dan kesepuluh tanduk yang telah kaulihat itu adalah sepuluh raja, yang belum mulai memerintah, tetapi satu jam lamanya mereka akan menerima kuasa sebagai raja, bersama-sama dengan binatang itu. Mereka seia sekata, kekuatan dan kekuasaan mereka mereka berikan kepada binatang itu. Akan dikumpulkan semua entah yang punya pendidikan tinggi, jabatan tinggi, raja-raja untuk melawan Yesus. Dia berperang melawan Anak Domba Allah. Anak domba Allah akan mengalahkan dia, karena Dia adalah Tuhan. Bagi kita yang setia dan tekun mengikutnya juga menang. Luar biasa. Kita tidak punya apa-apa tetapi diberi kemenangan. Keselamat kita terjadi. Tujuan pokok kita supaya benar-benar sesuai keinginan Yesus tidak ada yang binasa. Iblis ingin menakut-nakuti. Saya ingin mengajar teman-teman yang tidak mengerti dunia roh. Dukun-dukun akan mencari mangsa dengan cara menolong, memberi jimat, kekebalan, ilmu, kekayaan dan apa saja. Dengan cara itu orang itu bisa diikatnya. Sampai sekarang organisasi yang dimotori setan apa pun bentuknya pasti menolong dahulu. Setelah menolong itu artinya dia mengikat. Dalam Yeh 13 tadi dukun-dukun memberikan termasuk umatku kata Tuhan yang mencari jimat jadi dimangsa iblis. Ada suatu pelajaran yang benar-benar bisa menghapus kehadiran iblis / roh jahat di tengah kita , rumah kita atau perusahaan kita. Ada prosedurnya dan hukumnya. Secara hukum iblis lebih pintar dari orang dunia. Menghadapi iblis kita tidak bisa main usir. Misal : kalau saya punya rumah dan sertifikat, berarti rumah itu milik saya. Bila ada orang yang mengusir saya tidak akan pergi. Justru yang mengusir itu berada dalam keadaan bahaya Berapa banyak yang melayani dengan mengusir setan lalu diterkam kembali? Karena tidak mengerti hukum penyelesaian yang benar. Kita pakai seperti hukum dunia. Kalau rumah saya , saya dikasih uang untuk dibeli maka saya akan pergi tidak usah diusir. Ada proses transaksi dibeli. Karena iblis tahu hukum ini. Kalau dikatakan di rumah kita banyak roh berkumpul (campuran antara roh iblis dan roh-roh orang mati) katakan “Ini rumah saya.” Mereka punya hak dan tinggal di situ dan  haknya dicabut dengan dasar pernyataan firman Tuhan : Yesus mati membeli kita. Itu bukan ayat variasi tetapi ayat intisari untuk menghilangkan kehadiran roh jahat. Kalau sudah dikatakan Yesus membeli saya, rumah saya, pabrik saya. Iblis tahu karena Yesus tersalib membeli kita. 1 Kor 6:20 Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!. Wahyu 5:9-10 Dan mereka menyanyikan suatu nyanyian baru katanya: "Engkau layak menerima gulungan kitab itu dan membuka meterai-meterainya; karena Engkau telah disembelih dan dengan darah-Mu Engkau telah membeli mereka bagi Allah dari tiap-tiap suku dan bahasa dan kaum dan bangsa. Dan Engkau telah membuat mereka menjadi suatu kerajaan, dan menjadi imam-imam bagi Allah kita, dan mereka akan memerintah sebagai raja di bumi." Yang bisa membuka kitab kehidupan hanya Yesus yang sudah membeli kita. 1 Pet 1:18-19  Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas,  melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat. Kita ditebus bukan oleh emas dan perak tetapi oleh darah yang mahal yaitu darah Yesus.

Ada 5 kekuatan untuk menghilangkan roh jahat (jangan hanya mengusir).

1.     Haknya dihilangkan dengan cara di atas.

2.     Yeh 13 iblis memberi jasa dan sebagai ganti ia meminta. bayaran Ikatan ini harus dilepaskan. Yesus memberikan kekuatan kepada kita untuk melepaskan bukan mengusir. Orang yang terikat tidak bisa diusir melainkan dilepaskan. Luk 13:10-17 Pada suatu kali Yesus sedang mengajar dalam salah satu rumah ibadat pada hari Sabat.  Di situ ada seorang perempuan yang telah delapan belas tahun dirasuk roh sehingga ia sakit sampai bungkuk punggungnya dan tidak dapat berdiri lagi dengan tegak.  Ketika Yesus melihat perempuan itu, Ia memanggil dia dan berkata kepadanya: "Hai ibu, penyakitmu telah sembuh."  Lalu Ia meletakkan tangan-Nya atas perempuan itu, dan seketika itu juga berdirilah perempuan itu, dan memuliakan Allah.  Tetapi kepala rumah ibadat gusar karena Yesus menyembuhkan orang pada hari Sabat, lalu ia berkata kepada orang banyak: "Ada enam hari untuk bekerja. Karena itu datanglah pada salah satu hari itu untuk disembuhkan dan jangan pada hari Sabat."   Tetapi Tuhan menjawab dia, kata-Nya: "Hai orang-orang munafik, bukankah setiap orang di antaramu melepaskan lembunya atau keledainya pada hari Sabat dari kandangnya dan membawanya ke tempat minuman? Bukankah perempuan ini, yang sudah delapan belas tahun diikat oleh Iblis, harus dilepaskan dari ikatannya itu, karena ia adalah keturunan Abraham?"  Dan waktu Ia berkata demikian, semua lawan-Nya merasa malu dan semua orang banyak bersukacita karena segala perkara mulia, yang telah dilakukan-Nya. Kita bisa cabut kembali keluarga kita, anak Tuhan, anggota jemaat kita yang diikat (ditangkap) iblis, ia adalah keturunan Abraham. Ini orang beriman. Kalau Yesus haruskan tidak akan gagal.

Yeh 13:17-22  ada 5 pengaruh yang akan  terjadi kalau orang menerima jasa-jasa roh jahat. , gangguannya banyak sekali. Yang punya pabrik dan jimat banyak sekali roh yang gentayangan. Sehingga harus dibersihkan dengan prosedur yang benar.

3.     5 kekuatan iblis perlu dilumpuhkan, sebagai seorang pelayan yang sederhana. Kita punya kemampuan yang luar biasa. Bila rahasia ini kita pegang, kita tidak perlu takut. 2 minggu lalu saya melatih seorang pengacara. Dia punya keluarga yang dirasuki roh jahat. Dibawa ke luar negeri berobat, di luar negeri juga kesurupan, di bandara juga kesurupan, buat ramai di bandara. Jenis ini saya kategorikan sebagai jenis roh internasional dan lebih mumpumi dari roh-roh itu. Sekarang sudah globalisasi. Roh-roh yang gentayangan ke rumah-rumah di Jakarta, menurut peraturan mereka, teritorinya itu adalah wanita-wanita cantik, kadang-kadang suami-istri, kelihatan sosoknya lewat. Tetapi kalau sudah di Padalarang, teritori lain. Di situ namanya Siliwangi.  Ada sekolah di sana ada harimau loncat-loncat di bangku kuliah sehingga tidak ada yang kuliah lagi. Saya dijemput dan diajak ke sana. Saya jelaskan. Pengertian ini akan membuat kita menang. Kalau tidak mengerti kalah terus. Ini adalah wujud dari kemampuan iblis / roh-roh yang memalsukan juga hal-hal yang manusia hormati. Karena di Siliwangi itu macan maka rohnya mirip macan. Ada yang pernah ke Bali? Pernah melihat roh yang muncul di Bali? Ada orang Jakarta ke Bali. Baru saja saya dimintai pertolongan oleh seorang bapak yang anaknya menendang-nendang sesajen. Jadi ia dimasuki roh yang dari Bali. Dia dibawa ke rumah saya dan dia tidak mengenal Bapak dan Ibunya. Saya memakai bahasa Bali dan roh itu saya salahkan ,”Kenapa kamu berani main? Ini adalah anaknya Tuhan Yesus!” Takutlah ia dan keluarlah dia tidak sampai berapa menit. Kalau tidak akan mengotot sehingga ada yang koma sampai berapa hari.
Bila ada perjanjian dengan iblis maka  ini menjadi kekuatan iblis. Contoh : orang yang dalam perjanjian adalah orang yang mencari harta di Gunung Kawi dengan janji kalau sudah kaya iblis boleh mengambil 1 anak-nya. Bicaranya gampang. Sesudah ia benar-benar kaya, anaknya diseret waktu mereka tidur. Ia ingat untuk mengambil anaknya, tetapi tidak bisa dipertahankan. Roh itu datang untuk menagih janji. Janjinya seperti itu. Belajar dari bank kali ya? 10 tahun lunas, kalau tidak lunas, rumah disita. Kalau lunas tidak bisa disita dan diusir. Janji harus dibayar agar tidak sampai diusir. Janji orang kepada tempat-tempat angker, roh jahat dan ilmu kuat sekali nagihnya. Anak saya kalau dewasa boleh diambil maka anak muda banyak yang mati diambil. Banyak yang tidak tahu.
Bagaimana menolongnya? Maka ajak Tuhan Yesus untuk bayar janji. Janji itu termasuk hutang. Utang uang bisa dibayar tetapi utang janji susah dibayar. Dalam Kolose , orang-orang mundur karena kehilangan kekuatan, Yesus membayar utang kita dengan cara memakukan di atas kayu salib. Itu janjinya dibayar. Roh jahat datang menagih janjinya. Ada pengusaha yang janji kalau kaya, ia mau sakit di betisnya selama-lamanya. Setelah perusahan maju, betisnya bolong. Jadi setiap hari ia harus duduk keluarkan ulat dari betisnya. Kenapa sampai hati? Ia tidak tahu. Kalau ia tahu, Yesus yang bayar.

4.     Analisa apakah rumah kita diisi roh atau tidak?
a.     Waktu pulang bulu kuduk kadang berdiri, berarti ada roh yang lewat. Seperti Ayub sedang ngobrol lalu lewat roh, bulu kuduk berdiri.
b.       Ada manifestasi bau. Tergantung dari hobi makanannya roh  apa. Kalau makan kemenyan, maka baunya kemenyan. Kalau suka makan bangkai, baunya amis. Ada roh yang sedang menanti di situ.
c.        Ada suara-suara. Ada suara orang kerja, orang ketok-ketok, suara orang lari-lari , orang sedang goreng pisang dan sebagainya.
d.       Terakhir bila sudah tidak tahan lagi, iblis minta dilayani. Ia akan berwujud sosok-sosok. Di jakarta banyak sosok gadis. Saya membantu satu keluarga hampir cerai di Tomang. Di Tomang banyak jin-jin, hantu-hantu, tuyul-tuyul. Di situ waktu istri pulang ada roh sosok orang cantik lewat sehingga ia cemburu dan menuding suaminya punya simpanan. Saya dipanggil memisahkan keributan itu. Padahal satu anaknya di Inggris dan kalau ia pulang , ia senang sehingga ia menterjemahkan buku saya dalam bahasa Inggris. Ia ingin agar semua lapisan masyarakat Kristen paling bawah  mengetahui juga, tidak usah hanya hamba-hamba Tuhan. Lalu saya tanya, “Apakah suami ibu punya simpanan”. “Betul Pak, saya lihat sendiri. Masuk ke sini, dia sembunyikan di sini”. Saya berkata,”Ayu masuk dan kita lihat.” Kami masuk dan melihat ada patung dari dewi kecantikan. Saya ambil patung itu, saya balik dan di bawahnya ada tulisan dewi ini. Saya berkata, “Bu , ini ada rumahnya roh. Jadi dia datang untuk pulang ke rumahnya. Silahkan ibu lihat lagi.” Jadi saya katakan tidak usah dua kali, kita bersihkan sehingga ibu tidak lihat lagi. Haknya dicabut,ikatan dilepaskan bahkan jasa-jasanya dibatalkan. Kemudian semua saya lengkapi. Yang ketiga dan keempat. Kutuk turun temurun. Kita tidak tahu apa-apa. Kita direbut oleh bencana-bencana yang bersifat roh itu  untuk dikutuk. Terkutuklah orang mati tergantung di atas kayu salib. Yesus menanggung kita. Saya ditanggung oleh sebuah keluarga, enak sekali. Bahkan uang saku diberikan.  Ditanggung Yesus jauh lebih enak. Semua ditanggung. Tidak terkutuk lagi. Meskipun iblis berusaha menanam.Kalau belum bertobat nanti akan dikutuk terus turun menurun. Tapi Yesus disalib gantikan kita. Kita katakan, “Sudah diganti oleh Yesus. Tidak ada lagi tanggungan saya”

5.     Roh di dalam. Kalau roh itu masuk ke dalam kita, entah roh setan, orang mati, roh kiriman (ilmu-ilmu, hipnotis, termasuk yang internasional. Saya layani yang kena roh internasional sudah beberapa.  Roh voodoo itu internasional. Saya dulu jadi misionaris di Afrika. Saya tahu ilmu ini. Dari kecil dididik voodoo dan tidak dibatasi oleh benua. Voodoo itu menyiksa , kalau dia mau disiksa dibuat gambar lalu ditusuk sehingga pusing. Minum obat pusing tidak sembuh-sembuh. Kalau tidak mau ketahuan, dicabut. Lalu dipindahkan ke bawahnya. Itu dipermainkan dulu sebelum dibunuh. Voodoo ini sebetulnya tidak boleh merajalela ke seluruha dunia. Tetapi tahun 1975 ada kongres dukun sedunia di Kolombia (Bogota). Dulu saya pernah bertugas di Jerman, ada group Bacillea Link. Ia buat report , terjadilah buku kecil The Wealth of deception. Kalau dibaca kita mengerti bahwa Voodoo pertama kali . Saya tidak tahu siapa yang hadir. Sejak itu diproklamirkan voodoo bisa di seluruh dunia. Tetapi dalam Yesus luar biasa. Saya ingat, saya dari Gereja Kristen Prostetan Bali. Gereja ini dulu dimulai oleh seorang misionaris dari Tionghoa namanya Cang To Hang. Ia kontrak dekat rumah saya. Dia selalu menyanyi Yesus Sahabat Kita. Orang punya ilmu terkuat di Bali berkumpul dan beberapa orang mengarahkan serangan ke Pak Tjan Tohang.  Tidak mempan! Akhirnya orang-orang berilmu itu mencari Pak Tohang,” Bapak pakai ilmu apa?” Ia menjawab,”Kenapa tanya itu?” Dijawab,”Habis ilmu kami tidak mempan” Dijawabnya,”Oh ilmu saya dari orang mati yang bangkit.” Orang berilmu di Bali berkata,”Itu ilmu yang top sekali.” Jadi ia ingin belajar. Tiap hari ia pelajari Alkitab. Pak Cang berkata,”Yang mati hidup kembali namanya Yesus Kristus. Ia bangkit, maut dikalahkan.” Itulah orang Kristen pertama di Bali. Kita mengerti , ilmu dari manapun kalah dengan Yesus. Iman ini yang harus kita pegang. Kalau sudah masuk ilmu itu, dia serang dari dalam. Orang yang kena serang dari dalam oleh roh jahat sehingga ia akan bunuh idiri. Ada cekik, minum racun, tembak diri, itu bukan orangnya. Yang cekek itu , yang dilhat orangnya. Tetapi secara fakta, tidak ada orang berani mati. Orang yang mau mati menggap-menggap saja, tidak mau mati.  Bukan dia yang bunuh diri. Roh itu menguasai dari dalam sehingga ia merasakan paling enak bunuh diri , dia cekik bunuh diri. Sehingga Alkitab memberi garis tegas, “Tidak boleh bunuh diri. Siapa bunuh diri membinasakan bait Allah sehingga dibinasakan.” Suatu kali saya ketemu dengan orang kaya. Anaknya yang paling besar gantung diri. Upacaranya meriah sekali. Ditulis RIP (Rest in Peace). Saya katakan, “Pak tulisannya terlalu bagus. Ini tidak benar. Tidak usahlah. Kalau mau jujur : bunuh diri lebih cocok” Yang bunuh diri  akan dibinasakan oleh Allah. Tidak bisa main-main. Sehingga takutlah orang-orang. Kalau tidak utang sedikit bunuh diri. Ini serangan dari dalam. Satu lagi : serangan dari luar. Ikatan, perjanjian, kutukan, serangan dari dalam dan serangan dari luar. Iblis langsung, mendiumnya dukun atau orang yang disuruh, orang mati diperintah-perintah. Ia terus menyerang. Tetapi Tuhan katakan apa? Efesus 6: 12  karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara. Dalam segala keadaan pergunakanlah iman. Bukan iman dunia. Kita sudah mati bersama Yesus, kita sudah punya iman Yesus. Dalam segala keadaan gunakanlah iman. Dengan iman kamu dapat memadamkan semua. Bukan 99%, tetapi semua anak panah dari si jahat. Kita menang. Saya berapa kali harus mati, 2 kali terbakar di mobil kerjaan roh jahat (ia serang mobil) tetapi belum mati. Beberapa kali karena makanan. Di mimbar saya pernah jatuh karena obesitas, kegemukan hampir 100 kg. Saya tidak kuat, jatuh tapi masih ngomel. Itu satu kali dan satu-satunya saya pernah menyalahkan Tuhan tapi sudah tobat. “Tuhan kenapa Engkau membiarkan saya dipermalukan? Biasanya saya menyelesaikan pekerjaan dengan setan dan terakhir dengan mengusirnya”. Saya pun teriak-teriak,”Keluar kau setan”. Padahal saya obesitas. Lalu saya disembuhkan dengan doa dan daun pepaya. 

Bersambung ke Bagian 2/3

No comments:

Post a Comment