Tuesday, November 27, 2012

Daftar Karunia Rohani

DAFTAR KARUNIA ROHANI

A.      Administration (Administrasi / Manajemen)
Karunia ini adalah kesanggupan yang diberikan Tuhan untuk memahami apa yang membuat sebuah organisasi berfungsi, dan merupakan kemampuan khusus untuk merencana dan menjalankan prosedur-prosedur demi terwujudnya sasaran-sasaran pelayanan.

B.       Apostleship (kerasulan)
Karunia ini adalah kesanggupan yang diberikan Tuhan untuk memulai dan mengawasi perkembangan gereja-gereja baru atau struktur-struktur pelayanan.

C.       Craftsmanship (Pertukangan / Keahlian Tangan)
Karunia ini adalah kesanggupan yang diberikan Tuhan untuk mengkomunikasikan kebenaran-kebenaran Tuhan melalui berbagai  bentuk / ketrampilan seni (misalnya : menulis puisi, main drama, music, desain grafis, menggambar, dlsb)

D.      Creative Communication (Pengkomunikasian Pelayanan melalui Seni kreatifitas)
Karunia ini adalah kesanggupan yang diberikan Tuhan untuk mengkomunikasikan kebenaran-kebenaran Tuhan melalui berbagai bentuk / ketrampilan seni (misalnya : menulis puisi, main drama, music, desain grafis, menggambar dlsb).

E.       Discernment (Kemampuan Menguji / Mencermati Ajaran)
Karunia ini adalah kesanggpuan yang diberikan Tuhan untuk membedakan antara kebenaran dan kekeliruan, sanggup untuk menguji roh-roh, membedakan antara apa yang baik dan yang jahat, yang benar dan yang yang salah.

F.       Encouragement (Memberi Kekuatan)
Karunia ini adalah kesanggupan yang diberikan Tuhan untuk mengkomunikasikan Injil secara efektif bagi orang-orang yang belum percaya sehingga mereka dapat berespon di dalam iman dan melangkah untuk dimuridkan.

G.      Evangelism (Pengabaran Injil)
Karunia ini adalah kesanggupan yang diberikan Tuhan untuk mengkomunikasikan Injil secara efektif bagi orang-orang yang belum percaya sehingga mereka dapat berespon di dalam iman dan melangkah untuk dimuridkan.

H.      Faith (Beriman)
Karunia ini adalah kesanggupan yang diberikan Tuhan untuk bertindak berdasarkan janji-janji Allah – dengan penuh keyakinan pada kemampuan Allah dalam mewujudkan maksud-maksudNya.

I.        Giving (Memberi)
Karunia ini adalah kesanggupan yang diberikan Tuhan untuk mempersembahkan uang dan sumber-sumber lain dalam mendukung pekerjaan Tuhan – dengan penuh keceriaan dan keleluasaan. Orang-orang dengan karunia ini tidak bertanya : “Berapa yang perlu saya berikan untuk Tuhan?” etapi bertanya :”Berapa banyak harta asalkan saya masih bisa (cukup untuk) tetap hidup?”

J.        Helps (Memberi Pertolongan)
Karunia ini adalah kesanggupan yang diberikan Tuhan untuk mewujudkan tugas-tugas praktis dan apa yang dibutuhkan sehingga dapat meringankan, mendukung dan mencukupi kebutuhan orang-orang lain.

K.       Hospitality (Memberi Tumpangan)
Karunia ini adalah kesanggupan yang diberikan Tuhan untuk memperdulikan orang-orang melalui penyediaan persahabatan, makanan dan tempat berteduh.

L.       Intercession (Berdoa Syafaat)
Karunia ini adalah kesanggupan yang diberikan Tuhan untuk berdoa secara konsisten bagi keperluan orang-orang lain, dan pada akhirnya bisa melihat jawaban atas doa-doa yang dinaikkan.

M.     Knowledge (Berkata-kata dengan Pengetahuan)
Karunia ini adalah kesanggupan yang diberikan Tuhan untuk membawa kebenaran kepada tubuh Kristus atas penerangan Roh Kudus melalui Firman.

N.      Leadership (Kepemimpinan)
Karunia ini adalah kesanggupan yang diberikan Tuhan untuk menangkap visi, memotivasi, dan mengarahkan orang-orang agar maksud-maksud Tuhan dapat dicapai secara harmonis.

O.      Mercy (Belas Kasihan)
Karunia ini adalah kesanggupan yang diberikan Tuhan untuk menolong orang-orang yang sedang menderita atau memerlukan bantuan – dengan penuh sukacita dan praktis, mulai dari tergerak sampai pada tindakan nyata.

P.       Prophecy (Bernubuat / berkhotbah)
Karunia ini adalah kesanggupan yang diberikan Tuhan untuk membukakan kebenaran dan mewartakannya tepat waktu, dengan cara yang relevan supaya orang-orang  diajari, dikoreksi, bertobat, atau diteguhkan. Implikasinya bisa segera terjadi atau di lain waktu.

Q.      Shepherding (Penggembalaan)
Karunia ini adalah kesanggupan yang diberikan Tuhan untuk merawat, mempedulikan, dan menuntun orang-orang dalam proses kedewasaan rohani dan semakin serupa dengan Kristus.

R.       Teaching (Mengajar)
Karunia ini adalah kesanggupan yang diberikan Tuhan untuk memahami, menerangkan secara jelas, dan menerapkan Firman Tuhan, yang dapat menyebabkan terjadinya keserupaan dengan Kristus yang lebih besar di dalam kehidupan para pendengarnya.

S.       Wisdom (Berkata-kata dengan Hikmat)
Karunia ini adalah kesanggupan yang diberikan Tuhan untuk menerapkan kebenaran rohani secara efektif bagi kebutuhan tertentu di dalam situasi tertentu.

T.       Healing *)
U.      Interpretation *)
V.      Miracles *)
W.    Tongue *)

*) Walaupun karunia-karunia ini tidak muncul dalam daftar di atas, namun diakui bahwa keberadaan dan artinya cukup jelas. Ada juga karunia-karunia lainnya yang belum disebutkan, antara lain : konseling, selibat, martir, melayani, dlsb.

Sumber : Network, Participant’s Guide, karangan Bruce Bugbee, Don Cousins, Bill Hybels. Diterjemahkan dan disesuaikan oleh Dr. Paulus Kurnia, M.Th.


No comments:

Post a Comment