Monday, November 12, 2012

Pertanyaan Coaching untuk PKS

Pertanyaan-pertanyaan Coaching untuk Pemimpin Kelompok Kecil (Small Group Leader)

Dr. Paulus Kurnia, CBA
Coaching yang Menumbuhkembangkan
Helping people help themselves

Seringkali seorang pemimpin kelompok kecil menjalankan peranan yang cukup besar sehingga dia membutuhkan seorang coach untuk membuatnya melayani lebih efektif lagi. Coach dapat menyiapkan pertanyaan-pertanyaan kunci sebagai berikut :
1.       Apa kerinduan (passion)Anda sebagai pemimpin kelompok kecil?
2.       Apa yang Anda lihat selama ini tentang kelompok kecil yang Anda pimpin?
3.       Apa saja kebutuhan-kebutuhan yang sangat khas dari anggota kelompok kecil Anda?
4.       Bagaimana Anda menjawab kebutuhan-kebutuhan tersebut?
5.       Apakah yang para anggota kelompok kecil sangat rindukan dengan keterlibatan mereka di kelompok kecil?
6.       Pertanyaan apa saja yang Anda miliki sehubungan dengan pengelolaan dan pelayanan kelompok kecil yang belum terjawab?
7.       Kira-kira peralatan (tool) apa yang Anda butuhkan untuk menolong kelompok kecil – dari sisi, misalnya : kehangatan relasi sesame anggota, bahan atau materi pemahaman Alkitab, kesetiaan anggota, dan partisipasi anggota untuk saling menopang dan menolong sesamanya di dalam kelompok?
8.       Dampak yang seperti apa yang Anda harapkan bisa dihasilkan dari kelompok kecil Anda?
9.       Bagaimana Anda mewujudkan dampak tersebut? Targetnya apa saja? Strategi yang mau dipakai seperti apa, dan bagaimana langkah-langkah tindakan nyatanya?
10.    Apa persoalan-persoalan yang muncul di dalam kelompok kecil Anda yang belum terselesaikan? Bagaimana Anda mengatasi persoalan tersebut? Siapa-siapa saja yang bisa Anda libatkan untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada?
11.    Dalam skala 1-10 , berapa nilai kepuasan Anda dalam penyelenggaraan kelompok kecil Anda secara keseluruhan? Apa yang Anda akan lakukan bila Anda dan anggota kelompok Anda kurang merasa puas?
12.    Bagaimana penilaian Anda dan para anggota kelompok tentang materi pemahaman Alkitab yang dipakai selama ini? Mengapa? Apa antisipasi Anda bila ternyata bahan tersebut kurang dianggap sesuai dengan harapan Anda semua?
13.    Bagaimana pendapat semua orang tentang metode dan cara membawakan pemahaman Alkitab di kelompok kecil Anda? Apa lagi yang lebih baik bisa diupayakan?
14.    Bagaimana Anda mengukur keberhasilan sebuah kelompok kecil? Dan bagaimana hasilnya di kelompok kecil Anda?
15.    Apakah tindakan-tindakan yang Anda pandang perlu untuk memajukan kelompok kecil Anda?


No comments:

Post a Comment