Sunday, August 17, 2014

Bebas dari Belenggu


Pdt. Netty Lintang

Markus 5:1-20
1   Lalu sampailah mereka di seberang danau, di daerah orang Gerasa.
2  Baru saja Yesus turun dari perahu, datanglah seorang yang kerasukan roh jahat dari pekuburan menemui Dia.
3  Orang itu diam di sana dan tidak ada seorangpun lagi yang sanggup mengikatnya, sekalipun dengan rantai,
4  karena sudah sering ia dibelenggu dan dirantai, tetapi rantainya diputuskannya dan belenggunya dimusnahkannya, sehingga tidak ada seorangpun yang cukup kuat untuk menjinakkannya.
5  Siang malam ia berkeliaran di pekuburan dan di bukit-bukit sambil berteriak-teriak dan memukuli dirinya dengan batu.
6  Ketika ia melihat Yesus dari jauh, berlarilah ia mendapatkan-Nya lalu menyembah-Nya,
7  dan dengan keras ia berteriak: "Apa urusan-Mu dengan aku, hai Yesus, Anak Allah Yang Mahatinggi? Demi Allah, jangan siksa aku!"
8  Karena sebelumnya Yesus mengatakan kepadanya: "Hai engkau roh jahat! Keluar dari orang ini!"
9  Kemudian Ia bertanya kepada orang itu: "Siapa namamu?" Jawabnya: "Namaku Legion, karena kami banyak."
10  Ia memohon dengan sangat supaya Yesus jangan mengusir roh-roh itu keluar dari daerah itu.
11  Adalah di sana di lereng bukit sejumlah besar babi sedang mencari makan,
12  lalu roh-roh itu meminta kepada-Nya, katanya: "Suruhlah kami pindah ke dalam babi-babi itu, biarkanlah kami memasukinya!"
13  Yesus mengabulkan permintaan mereka. Lalu keluarlah roh-roh jahat itu dan memasuki babi-babi itu. Kawanan babi yang kira-kira dua ribu jumlahnya itu terjun dari tepi jurang ke dalam danau dan mati lemas di dalamnya.
14  Maka larilah penjaga-penjaga babi itu dan menceriterakan hal itu di kota dan di kampung-kampung sekitarnya. Lalu keluarlah orang untuk melihat apa yang terjadi.
15  Mereka datang kepada Yesus dan melihat orang yang kerasukan itu duduk, sudah berpakaian dan sudah waras, orang yang tadinya kerasukan legion itu. Maka takutlah mereka.
16  Orang-orang yang telah melihat sendiri hal itu menceriterakan kepada mereka tentang apa yang telah terjadi atas orang yang kerasukan setan itu, dan tentang babi-babi itu.
17  Lalu mereka mendesak Yesus supaya Ia meninggalkan daerah mereka.
18  Pada waktu Yesus naik lagi ke dalam perahu, orang yang tadinya kerasukan setan itu meminta, supaya ia diperkenankan menyertai Dia.
19  Yesus tidak memperkenankannya, tetapi Ia berkata kepada orang itu: "Pulanglah ke rumahmu, kepada orang-orang sekampungmu, dan beritahukanlah kepada mereka segala sesuatu yang telah diperbuat oleh Tuhan atasmu dan bagaimana Ia telah mengasihani engkau!"
20  Orang itupun pergilah dan mulai memberitakan di daerah Dekapolis segala apa yang telah diperbuat Yesus atas dirinya dan mereka semua menjadi heran.

Pendahuluan

                Ada orang yang tidak percaya bahwa di dunia ini ada setan, padahal baik setan maupun Allah keduanya ada. Ada juga yang percaya ada Allah tapi setan tidak ada.  Namun Alkitab memberitahukan bahwa bukan saja setan ada, tapi jumlahnya juga banyak!

Pekerjaan Setan adalah Membinasakan Manusia dan Mengganggu Pekerjaan Allah

                Pada Markus 5:1-20 dicatat ada seorang yang dirasuki roh-roh jahat (setan) yang jumlahnya banyak sekali (Legion) dan ini adalah fakta ada. Orang yang kerasukan roh jahat ini berubah (berbeda) dan kuat sekali (ayat 3  Orang itu diam di sana dan tidak ada seorangpun lagi yang sanggup mengikatnya, sekalipun dengan rantai). Orang yang kerasukan roh jahat tidak tinggal di rumah tapi tinggal di kuburan dan sangat ganas sekali sehingga orang sering merantai dan membelenggunya, namun rantainya diputuskan dan belenggunya dimusnahkan. Tidak ada seorang pun lagi yang mampu mengikatnya sekalipun dengan rantai (ayat 4).

                Kalau ada ancaman bom, maka pemerintah akan memanggil spesialis bom yang dengan teliti menjinakkannya supaya bom ini tidak meledak. Namun bagi orang yang dirasuki setan ini, tidak ada seorang pun yang cukup kuat menjinakkannya karena ia sangat kuat sekali. Siang dan malam , ia berkeliaran di pekuburan dan di bukit-bukit sambil berteriak memukul dirinya dengan batu dan tidak memakai pakaian. Walau tidak berpakaian, orang yang dirasuk setan tidak merasa malu. Orang ini punya keluarga tapi keluarganya tidak mampu mengatasinya lagi. Kalau ia tinggal di rumah pasti diikat karena merepotkan dan menakutkan banyak orang. Ia tidak mengenal diri sendiri. ia dikuasai dan dirasuki roh-roh jahat. Rantai besi tidak bisa mengikatnya, karena ada kekuatan yang lebih besar dari rantai yang menguasai dia. Mungkin  ada 2.000 roh jahat yang tinggal dalam diri dia (sebanyak kawanan babi pada ayat 13). Seseorang yang dirasuki 1 setan memiliki kekuatan yang luar biasa apalagi ini dirasuki 2.000 setan sehingga kekuatannya tidak bisa kita bayangkan.  Roh jahat - roh jahat itu menista orang tersebut. Orang ini mempunyai kekuatan yang sangat merusak bahkan membinasakan. Hal ini bisa dilihat waktu setan-setan itu  keluar dari orang itu dan merasuki babi-baki, lalu babi-babi itu kemudian terjun ke jurang! Juga pada aat 5, orang ini memukul dirinya dengan batu, artinya orang yang merusak dan membinasakan diri sendiri! Ia bukan memukul orang lain tapi memukul diri sendiri, karena ia tidak mengenal dan tidak bisa menguasai diri sendiri. Ke-2.000 setan itu terus menguasai dia. Semua pekerjaan setan-setan adalah untuk membinasakan manusia. Semua pekerjaan setan untuk menggerecok / mengganggu pekerjaan Tuhan.

                Markus 9:14-27, ada seorang anak dirasuki roh (setan) yang membuatnya bisu. Ia tidak lahir bisu tapi menjadi bisu karena ada setan merasukinya. Roh itu seringkali menyeretnya ke dalam air / api untuk membinasakannya. Tujuan setan adalah membinasakan manusia yang diciptakan Allah. Setan itu memusuhi Allah. Allah bekerja dan  setan menggerecokinya (mengganggunya). Demikian juga pada Kisah Para Rasul 16:16-18 Pada suatu kali ketika kami pergi ke tempat sembahyang itu, kami bertemu dengan seorang hamba perempuan yang mempunyai roh tenung; dengan tenungan-tenungannya tuan-tuannya memperoleh penghasilan besar. Ia mengikuti Paulus dan kami dari belakang sambil berseru, katanya: "Orang-orang ini adalah hamba Allah Yang Mahatinggi. Mereka memberitakan kepadamu jalan kepada keselamatan."  Hal itu dilakukannya beberapa hari lamanya. Tetapi ketika Paulus tidak tahan lagi akan gangguan itu, ia berpaling dan berkata kepada roh itu: "Demi nama Yesus Kristus aku menyuruh engkau keluar dari perempuan ini." Seketika itu juga keluarlah roh itu.  Kisah 13:6-12 mencatat saat Rasul Paulus untuk pertama kalinya memberitakan Injil. Ia datang ke tempat yang disebut Pafos. Ada seorang tukang sihir yaitu Baryesus (Elimas). Ia menggunakan sihirnya untuk mempengaruhi banyak orang. Waktu Rasul Paulus datang ke Pafos, ia bertemu dengan gubernur (Sergius Paulus). Rasul Paulus ingin memberitakan Injil kepada gubernur ini. Kalau gubernur ini percaya Yesus, maka pengaruhnya besar. Setan tahu hal ini sehingga Elimas, si tukang sihir, berusaha menghalang-halanginya.  Namun Elimas dibuat buta oleh Rasul Paulus dalam nama Yesus. Pekerjaan roh jahat membinasakan manusia dan memusuhi Allah. Pepatah orang Tionghoa “Ajaran yang benar (bagus) kalau diukur tingginya 1 meter, sedangkan ajaran sesat (iblis) itu tingginya 10 meter.” Artinya kalau kamu hebat (baik) maka yang jahat berusaha untuk lebih hebat lagi. Setan memang ingin bertentangan dengan Allah.

Pada Markus 5:2  orang yang menyambut Yesus itu kerasukan roh jahat sehingga tidak ada orang yang mau berurusan dengan dia. Papa-mamanya dan saudara-saudaranya tidak bisa lagi menanganinya. Ia tidak ada harapan sama sekali. Dia berada dalam kegelapan. Tapi puji Tuhan, Allah bukan saja menciptakan manusia, tetapi Allah juga mengasihi orang yang diciptaNya sehingga Alkitab mengatakan suatu kali Tuhan Yesus datang ke tempat itu (Markus 5:1). Tuhan Yesus tahu sekali ada orang yang dirasuki setan di Gerasa dan sangat mengasihaninya. Oleh sebab itu waktu Tuhan Yesus turun dari perahu, orang ini langsung datang kepadaNya. Ini hal yang sangat baik. Orang yang begitu ganas tapi menyembah Tuhan Yesus membuktikan bahwa Tuhan Yesus lebih hebat dari setan. Dia ada permintaan khusus di ayat 7 (Apa urusan-Mu dengan aku, hai Yesus, Anak Allah Yang Mahatinggi? Demi Allah, jangan siksa aku!). Permintaan ini karena Yesus sudah mengatakan kepadanya untuk keluar dari orang ini. Yesus menyuruh roh jahat keluar dari orang itu. Setan ini meminta agar kalau disuruh keluar, agar ia tetap wilayah tersebut. Setan itu melihat ada sejumlah besar babi yang sedang mencari makan dan lalu meminta kepada Yesus, "Suruhlah kami pindah ke dalam babi-babi itu, biarkanlah kami memasukinya!" (ayat 12).  Yesus memenuhinya. Tuhan Yesus ingin menjelaskan kepada kita, sesungguhnya nilai dari seorang manusia jauh lebih tinggi dari harga 2.000 ekor babi. Setan itu adalah roh dan sangat menginginkan tubuh. Ia suka tinggal di tubuh manusia. Kalau tidak mendapat tubuh manusia, ia minta tubuh babi. Namun setelah roh-roh jahat setelah merasuki babi-babi, lalu babi-babi itu terjun ke jurang bunuh diri. Tuhan Yesus lebih memilih kerugian 2.000 babi daripada seorang manusia. Karena jauh lebih mahal nilainya, jiwa 1 manusia dibanding 2.000 babi. Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia, tetapi ia kehilangan nyawanya (Markus 8:36).

Bebas dari Belenggu Kuasa Setan

                Kalau kita memperoleh dunia, tetapi kehilangan jiwa betapa besar kerugiannya! Kita melihat orang yang dirasuki setan dan setelah setan diusir maka ia menjadi sembuh (normal kembali), merasa lapar dan makan. Awalnya ia tidak menggunakan pakaian karena tidak mengerti. Setelah setan keluar dan mengerti kembali, lalu ia memakai pakaian dan duduk tenang. Ada lirik sebuah nyanyian : “Tatkala Yesus datang, kuasa setan hancurlah!”. 1 Yoh 3:8 mengatakan, “barangsiapa yang tetap berbuat dosa, berasal dari Iblis, sebab Iblis berbuat dosa dari mulanya. Untuk inilah Anak Allah menyatakan diri-Nya, yaitu supaya Ia membinasakan perbuatan-perbuatan Iblis itu”.  Perbuatan-perbuatan iblis itu kita sudah lihat : orang itu mengambil batu ingin membinasakan diri. Tujuan setan ingin membinasakan manusia, menghambat manusia mendengar dan percaya Yesus. Pekerjaannya adalah terus mengikuti dan menguasai orang.  Kita sering mendengar orang-orang di daerah terbelakang banyak dirasuki setan. Bulan depan saya akan ke pedalaman dekat Palu (ibukota Sulawesi Tengah). Ada seorang  hamba Tuhan yang sudah 2 tahun melayani di sana, minta didoakan karena di sana banyak sekali roh jahat. Banyak anak SD dirasuki setan sehingga berani menantang guru dan hamba Tuhan. Dengan kuasa dari Roh Allah , hamba Tuhan mengusir setan. Kita juga menyiapkan diri jangan sampai dirasuki setan. Di tempat yang beradab, banyak orang yang berpendidikan tinggi tidak percaya setan. Walau tidak percaya setan, dia tetap punya kuasa. Di perabadan sekarang, setan menguasai manusia dengan berbagai cara :
-        obat-obatan terlarang. Orang yang sa-kaw (sakit karena ketagihan obat terlarang) bergulingan di lantai. Dari mata dan mulutnya, keluar busa dan air. Waktu sudah sa-kaw, walaupun perempuan, pakaian terbuka tidak merasa malu. Kalau beritakan injil kepadanya, pikirannya tidak bisa menerimanya.
-        penyimpangan seksual (homo-lesbian). Untuk beritakan injil kepada manusia ini tidak mudah. Kalau mereka percaya Yesus pun, iman mereka bisa jadi problem besar. Lesbian/homo sangat sulit sekali percaya dan besandar pada Yesus.
-        hipnotis. Di TV kita sering menonton hipnotis. Biasanya rahasia yang disimpan di dalam hati dan tidak mau dikeluarkan, sewaktu dihipnotis dikeluarkan semua. Sering juga orang menggunakanan hipnotis ini untuk menguasai manusia lainnya lalu melakukan apa yang dikehendakinya.
-        pikiran kegagalan. Sudah gagal dan tidak bisa bangun lagi. Ada hamba TUhan yang demikian pula. Ada yang bisa bangun kembali ada juga yang tidak Karena kuasa roh tersebut menuduh dia sudah gagal. Bahkan juga mengganggu manusia melalui perasaan bersalah.
-        iri hati. Tidak bisa lagi mengalah karena rasa iri hati.
-        tidak mau memaafkan orang seperti yang dikatakan Alkitab (hatinya tidak mampu mengalahkan kebencian terhadap orang). Yesus Kristus datang ke dalam dunia untuk mengalahkan dosa / maut / iblis dan seharusnya kita dngan rendah hati datang kepada Yesus, dan berkata, “tidak mampu menguasai diri kita dari belenggu dosa”. Ada dosa tertentu yang menguasai kita. Pada salah satu KKR yang dipimpin oleh Pdt. Stephen Tong, ada orang yang dirasuki setan. Sangat ganas sekali! Sebelum khotbah dimulai, ia berteriak-teriak sehingga bulu kudus berdiri sehingga dibawa ke lantai dasar (basement).  Lalu para hamba Tuhan berdoa dan membantu dia mengusir setan. Ternyata orang ini sering dimasuki setan. Kadang setan keluar dan dipikir sudah baik ternyata muncul lagi. Rupanya dia sering dimasuki setan. Setelah diselidiki teranyata dalam hati ada kebencian dan kegetiran. Dia tidak bisa melepaskan kebencian yang mengikatnya. Alkitab mengatakan bahwa Tuhan Yesus datang ke dalam dunia untuk melepaskan kita dari belenggu dosa yang mengikat. Roma 10:13 Sebab, barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan, akan diselamatkan. Apa yang diserukan? Beritahukan Yesus , saya takut dan ada dosa ini-itu (misal : hatiku membenci orang dan minta Tuhan lepaskan). Di dalam 1 Yoh 1:9 mengatakan, “ Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan. Jikalau ada masalah apapun, kebiasaan apapun yang menguasai perlu dilepaskan. Seperti film porno. Ada orang Kristen yang kelihatan cinta Tuhan dan giat di gereja, tetapi di kamarnya tersimpan film porno. Bahkan pelayan-pelayan Tuhan naik di mimbar jadi penerjemah dan anggota koor melakukan itu. Baik tua maupun muda. Iblis begitu licik dan memakai segala cara. Tuhan sudah memerdekakan kita, janganlah membiarkan diri kita dibelenggu dosa lagi. Yesus datang ke dalam dunia menyatakan diri untuk menyelamatkan jiwa kita.

                Di Brooklyn New York ada gereja orang hitam yang terkenal. Pendetanya orang kulit putih. Jemaat-nya kebanyakan orang hitam. Dulu sebelum percaya Yesus, mereka disebut sampah masyarakat. Orang jenis apapun ada di dalamnya. Mantan pemakai dan pengedar narkoba, homo /lesbi, perampok, pembunuh, pencuri dll. Tetapi setelah ditemukan Tuhan Yesus, hidup mereka berubah. Mereka sungguh-sungguh sudah dibebaskan dan disucikan oleh darah Yesus menjadi orang kudus. Di antara mereka, ada yang kemudian mengeluarkan album rohani. Mereka tidak bisa membaca not balok, tapi sangat pintar dan sering diundang untuk menyampaikan puji-pujian. Ada di antaranya mantan homo dengan peranan sebagai perempuan. Sangat cantik tapi laki-laki. Ia berdarah Mexico. Waktu kecil ia miskin sekali dan mengalami pelecahan seksual oleh orang dewasa. Dia awalnya dipaksa, terpaksa dan akhirnya biasa menjadi homo. Lalu ia terkena AIDS yang tidak ada obatnya. Saat itu dia mendengar tentang Tuhan Yesus dan bertobat. Setelah percaya Tuhan Yesus, tidak lagi menjadi homo dan memakai pakaian wanita sehingga kemudian ia memakain baju pria dan orangnya tampan. Tapi dia sudah biasa berjalan dan bertingkah seperti wanita. Orang yang memberitakan Tuhan Yesus kepada dia kemudian mengajar dia menjadi pria sejati. Waktu ia bejalan seperti wanita, ia diingatkan kembali. Roh Tuhan menolong dia. Lalu ia menikah. Kedua suami-istri ini sangat giat melayani Tuhan dan akhirnya ia meninggal. Sebelum meninggal, hatinya damai karena ia tahu akan pergi ke mana. Ia sudah pergi memberitakan Injil ke mana-mana dan pengalaman hidupnya bisa dilihat pada DVD.

Kesimpulan


Sesungguhnya anak Allah datang uantuk menyelamatkan manusia dari dosa. Hari ini,kita memperingati HUT kemerdekaan RI ke 69 dari penjajahan. Namun negeri ini masih dikuasai dan diikat oleh kuasa iblis. Kita bukan saja memperingati kemerdekaan Indonesia, tapi kita juga harus memberitakan kuasa Tuhan Yesus kepada saudara-saudara kita. Setelah orang kerasukan setan di atas sembuh, hatinya sangat bersyukur kepada Tuhan Yesus dan bermaksud menyertai  Tuhan Yesus seperti murid-murid yang lain. Tetapi Tuhan Yesus punya maksud lain dengan orang itu. Yesus tidak memperkenankannya, tetapi Ia berkata kepada orang itu: "Pulanglah ke rumahmu, kepada orang-orang sekampungmu, dan beritahukanlah kepada mereka segala sesuatu yang telah diperbuat oleh Tuhan atasmu dan bagaimana Ia telah mengasihani engkau!"   Orang itupun pergilah dan mulai memberitakan di daerah Dekapolis segala apa yang telah diperbuat Yesus atas dirinya dan mereka semua menjadi heran.(Mark 3:19-20). Kita adalah orang yang telah diselamatkan Tuhan Yesus juga, biarlah kita belajar seperti orang ini pulang ke rumah dan memberitakan Injil ke pada orang-orang di rumah. 

No comments:

Post a Comment